oleh

Sikap Narsis Bukan Lagi Jadi Hal yang Sepele

Kabar6-Narcissistic Personality Disorder (NPD) merupakan suatu gangguan kejiwaan di mana seseorang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan, hanya mementingkan dirinya sendiri, dan selalu ingin dikagumi oleh orang lain.

NPD ini, melansir Healthmad, termasuk dalam suatu gangguan kepribadian di mana penderitanya akan mengalami beberapa perubahan dalam sikap dan kepribadiannya. Seorang penderita NPD biasanya gampang marah, sering berpura-pura, antisosial, dan sering mendramatisir segala sesuatu.

Biasanya, NPD mengenai orang yang berusia muda dan seringkali disebabkan oleh pola asuh yang salah, misalnya karena terlalu dimanjakan oleh orangtuanya.

Hal ini karena anak yang selalu dimanja dan mendapatkan banyak perhatian di masa kecilnya cenderung mengharapkan perhatian dan perlakuan yang sama di kemudian hari.

Penyebab lain NPD adalah selalu diabaikan oleh orangtua atau orang lain atau pernah mengalami pelecehan saat masih anak-anak. Seseorang yang tidak mendapatkan cukup perhatian di waktu mudanya akan selalu berusaha untuk menarik perhatian dari orang-orang di sekitarnya untuk menggantikan perhatian yang dulu tidak diperolehnya.

Kebutuhan akan selalu diperhatikan inilah yang dapat membuat seseorang mengalami NPD. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders serta American Psychiatric Association menyebutkan beberapa gejala dan kriteria penyakit narsis ini yaitu:

1. Mementingkan diri sendiri
2. Melebih-lebihkan prestasi dan bakat yang dimiliki
3. Berharap dikenal sebagai orang unggul tanpa ada hasil atau pencapaian tertentu
4. Percaya bahwa dirinya sangat spesial dan hanya bisa bergabung atau bergaul dengan orang yang juga memiliki status tinggi
5. Memerlukan pujian yang berlebihan ketika melakukan sesuatu
6. Mudah terluka
7. Gampang marah
8. Memiliki pribadi yang lemah. ** Baca juga: Studi: Butuh Waktu 6 Bulan untuk Seseorang Agar Bisa ‘Move On’ Setelah Putus Cinta

Apakah Anda termasuk orang yang narsis? (ilj/bbs)

Berita Terbaru