oleh

Sibuk, 3 Makanan yang Disarankan Ada dalam Menu Sahur & Buka Puasa

Kabar6-Dengan berbagai alasan, seringkali kita berbuka puasa atau sahur dengan menu seadanya tanpa memperhatikan kandungan nutrisinya. Akibatnya, makanan yang kita santap terlalu didominasi karbohidrat plus gula.

Sementara saat sahur, Anda lebih memilih menu praktis yaitu semangkuk mi instan. Padahal, kebiasaan ini tidak disarankan dari segi kesehatan. Lantas, makanan apa yang disarankan sebagai menu sahur dan berbuka puasa? Melansir Pesona, ini dia tiga jenis makanan yang dimaksud:

1. Telur
Telur adalah makanan serbaguna yang kaya protein dan nutrisi lain, serta bisa menjadi pengganjal rasa lapar. Telur juga kaya biotin, yang membantu menguatkan kuku. Biotin pada telur dari makanan jauh lebih baik ketimbang yang bisa Anda dapat lewat suplemen.

Telur dadar atau telur orak-arik adalah pilihan simpel, termasuk sebutir telur rebus. Saat buka puasa, Anda bisa mencari masakan olahan telur jika ingin berat badan tetap stabil.

2. Brokoli
Makanan super ini kaya serat sehingga menjauhkan Anda dari konstipasi atau sembelit. Olahan paling simpel adalah brokoli rebus, yang bisa Anda santap saat sahur. ** Baca juga: Minuman atau Makanan Manis, Mana yang Lebih Berbahaya?

3. Stroberi
Stroberi kaya serat, asam folat, juga potasium, dan tentunya vitamin C. Makan 10 buah stroberi sudah mencukupi dosis vitamin C Anda per hari. Seminggu mengonsumsi 1,5 cangkir stroberi juga bisa menurunkan risiko serangan jantung. Anda bisa menikmati stroberi segar, atau tambahkan ke dalam takjil.

Mudah dan murah, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru