oleh

Siapa Selebritis yang Memiliki Dua Warna Mata Berbeda?

Mila Kunis.(bbs)
Mila Kunis.(bbs)

Kabar6-Istilah heterochromia berasal dari kata heteros (berbeda) dan chroma (warna) dalam bahasa Yunani kuno. Dalam dunia anatomi, heterochromia bisa diartikan sebagai perbedaan warna yang terjadi pada iris mata, rambut, atau kulit akibat kekurangan atau kelebihan melanin (pigmen).

Perbedaan warna tersebut dapat diwariskan, atau disebabkan oleh genetik (mosaicism, chimerism), penyakit, dan cedera. Heterochromia pada umumnya terjadi pada iris mata (disebut heterochromia iridum atau heterochromia iridis).

Warna iris mata ditentukan oleh perkembangan sel melanin di dalam tubuh. Iris mata yang terkena heterochromia bisa terjadi karena kelebihan melanin (hyperchromic) atau kekurangan melanin (hyperchromic).

Pada manusia, kelebihan melanin pada jaringan iris mata disebut hyperplasia. Sebaliknya, kekurangan melanin pada jaringan iris mata disebut hypoplasia.

Nah mungkin tanpa Anda sadari, beberapa selebriti dunia mengalami kondisi seperti itu, seperti dikutip dari selasar.com:

1. Alice Eve

Salah satu matanya berwarna biru gelap, sementara mata yang lain berwarna biru terang. Dikutip dari Babble, Alice Eve pernah menyatakan bahwa seorang mantan kekasihnya tidak menyadari perbedaan warna mata ini selama sembilan bulan lamanya.
Ia pun terkejut lantaran mengira mantan kekasihnya sudah mengetahui kondisi ini jauh sebelumnya.

2. Benedict Cumberbatch

Seperti dilansir Telegraph, aktor asal Inggris ini memiliki mata dengan kondisi yang bernama sectoral heterochromia. Berbeda dengan heterochromia total yang memungkinkan kedua warna mata berbeda sama sekali, sectoral heterochromia adalah kondisi ketika hanya sebagian iris mata yang memiliki warna berbeda.

Kondisi ini memungkinkan warna mata dapat berubah-ubah. Warna mata Benedict Cumberbatch disebutkan dapat terlihat biru dan merah kecokelatan. Akan tetapi, dapat juga berubah-ubah dari biru ke hijau, tergantung cahaya.

3. Kate Bosworth

Fox News Magazine menyebutkan, Kate Bosworth kerap menggunakan lensa kontak ketika bermain dalam film untuk menyembunyikan heterochromianya.

Namun, ketika berperan sebagai Lois Lane dalam film Superman Returns, sang sutradara mengatakan agar ia tidak terganggu dengan kondisi matanya. Sehingga, Lois Lane pun terlihat memiliki mata berwarna biru dan merah kecokelatan dalam Superman Returns.

4. David Bowie

Secara medis, kondisi yang dialami David Bowie bukanlah heterochromia. Dalam Bowie: A Biography, ia pernah menceritakan bahwa dirinya terlibat perkelahian dengan seorang teman lantaran memperebutkan seorang gadis ketika masih berusia 14 tahun.

Perkelahian ini menyebabkan pupil mata kirinya melebar dan membuatnya memiliki mata berwarna hijau kecokelatan. Padahal, sebelah matanya berwarna biru.

5. Mila Kunis

Pada 2011 silam, Mila Kunis menceritakan kepada majalah Cosmopolitan bahwa dirinya pernah mengalami inflamasi iris kronis.

Hal ini menyebabkan salah satu matanya mengalami katarak dan penglihatan yang lemah. Ia juga menceritakan bahwa dirinya sempat buta selama bertahun-tahun dan tidak banyak orang mengetahui hal ini.

Setelah itu, ia menjalani pembedahan untuk memperbaiki penglihatannya. Salah satu mata Mila Kunis berwarna cokelat, sementara yang lainnya berwarna hijau kecokelatan. ** Baca juga: Milly Cooper, PSK Tertua di Dunia

Meskipun berbeda, tetapi tetap indah kok.(ilj/bbs)

Berita Terbaru