oleh

Siapa Sangka, Memeluk Guling Saat Tidur Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Kabar6-Bagi sebagian orang, memeluk guling saat tidur merupakan sebuah keharusan. Tanpa guling, biasanya mereka sudah tidur nyenyak. Ternyata, kebiasaan memeluk guling memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, lho.

Memeluk guling atau boneka yang kita sayangi, melansir beberapa sumber, cenderung memberikan kenyamanan saat tidur. Seorang psikologi bernama Stephanie Silberman mengatakan, memeluk guling juga menambah kehangatan untuk kita. Dijelaskan bahwa memeluk guling, bantal, atau boneka bisa memberikan perasaan aman dan nyaman.

Hal ini bisa membantu seseorang yang mudah khawatir untuk lebih santai. Stephanie menambahkan, posisi memeluk guling, bantal, atau boneka kemungkinan berasal dari posisi tubuh saat ada di dalam perut ibu.

Nah, apa saja manfaat kesehatan dari kebiasaan memeluk guling? Pertama, memeluk guling membantu Anda mencegah sakit punggung. Saar Anda menekuk lutut dan menyelipkan guling di antara kedua lutut, kebiasaan ini rupanya membantu tulang belakang dalam kondisi lurus. Memeluk guling juga meringankan tekanan pada tulang belakang dan tulang pinggul yang menopang tubuh.

Ini bisa menghindarkan Anda dari sakit punggung saat bangun tidur. Selain itu juga membuat tidur nyenyak karena nyaman. Memeluk guling pun membantu memperbaiki dan memperlancar sirkulasi darah ke kaki. Sirkulasi darah yang lancar bisa mencegah otot tegang, sakit lutut dan kaki pegal.

Manfaat lain, memeluk guling mengatasi kebiasaan mendengkur saat tidur. Hal ini karena kemungkinan seseorang mendengkur lebih besar kalau tidur dalam posisi telentang.

Mengapa begitu? Ini disebabkan karena posisi tidur yang bertumpu pada punggung. Posisi ini membuat pangkal lidah dan langit-langit dalam mulut menutupi dinding tenggorokan, sehingga terdengar getaran suara, yang dinamakan dengkuran.

Posisi menyamping bisa mengurangi dengkuran, dan memeluk guling bisa membantu seseorang untuk tidur dalam posisi menyamping lebih lama. ** Baca juga: Apa Sebab Susah Tidur Meski Tubuh Sangat Lelah?

Hal yang harus diperhatikan, jangan lupa untuk ganti sarung guling dan sarung bantal secara rutin agar kebersihan tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru