oleh

Siapa Saja Chef Paling Kaya di Dunia?

Kabar6-Saat ini profesi chef tidak sekadar di belakang layar. Begitu juga dalam hal penghasilan, chef masa kini sudah tidak kalah dengan selebriti dunia.

 

Siapa saja koki terkaya di dunia?

 

1. Nigella Lawson ($15 juta)

Nigella Lawson diperkirakan memiliki kekayaan kurang lebih Rp185 miliar. Tidak hanya pandai memasak, Nigella pun berprofesi  sebagai jurnalis dan penulis dalam berbagai macam makanan.

 

Lulus dari Universitas Oxford, Nigella memulai karier dalam dunia kuliner, dengan menulis kritik dan review aneka masakan di berbagai restoran.

 

Dari situlah dirinya mulai terkenal sebagai salah satu chef selebritis yang memiliki kekayaan sejajar dengan chef dunia. Nigella juga mempunyai acara TV pribadi bernama Nigella Bites, Nigella Feats, dan sekarang Nigella Express.

 

2. Paula Deen ($16 juta)

Perkiraan kekayannya sekitar Rp198 miliar. Paula memulai bisnis kulinernya melalui usaha katering. Selanjutnya Paula berhasil mendirikan restoran yang dikelola bersam kedua anaknya.

 

Paula Deen juga berhasil menerima Emmy Award untuk kategori acara televisi memasak terbaik yaitu “Paula’s Home Cooking”.

 

3. Ina Garten ($44 juta)

Kekayaan Ina Garten diperkiraan sekitar Rp545 miliar. Ina merintis karier dengan mencoba berbagai macam masakan di buku resep Perancis dan New England.

 

Untuk menyempurnakan resep masakannya, Ina menerima masukkan dari pelanggan. Dari situlah dia menciptakan berbagai makanan inovatif yang lantas terkenal lantaran kelezatannya.

 

Kekayaan Ina dihasilkan dari berbagai macam aktivitas pertunjukkan memasak dan buku-buku resep.

 

4. Emeril Lagasse ($53 juta)

Kekayaan Emeril Lagasse ditaksir sekitar Rp657 miliar. Chef yang terkenal dengan gaya perkataannya “BAM!” dan “Kick it up a notch!” ini merupakan salah satu chef yang sering tampil dalam berbagai acara televisi. ** Baca juga: Uniknya Tradisi Valentine di Daerah Ini

 

Emeril Lagasse memulai karier dengan bekerja di toko roti. Kesuksesannya dimulai setelah menjadi koki eksekutif di Commander Palace. Emeril juga merupakan seorang pebisnis yang memiliki perusahaan, Emeril Empire.

 

5. Rachael Ray ($60 juta)

Memiliki kekayaan sekitar Rp774 miliar. Rachael Ray merupakan salah satu orang yang mendapatkan tiga kali Daytime Emmy Award, sebagai kategori terbaik acara pertunjukan dan talk show.

 

Tidak seperti chef terkaya di dunia lainnya, Rachael Ray mungkin adalah satu-satunya chef terkaya yang tidak memiliki restoran sendiri.

 

6. Wolfgang Puck ($75 juta)

Kekayaannya mencapai sekitar Rp930 miliar. Wolfgang Puck merintis karier kulinernya sejak 1981. Diawali dengan publikasi buku memasak pertamanya yaitu “Modern French Cooking for The American Kitchen”.

 

Pada 1982, Wolfgang Puck berhasil membuka restoran pertamanya, Spago. Kini dia setidaknya telah memiliki 20 restoran, beberapa perusahaan katering, dan 80 toko retail yang menjual buku memasak, perlengkapan memasak, hingga makanan kaleng.

 

7. Gordon Ramsay ($120 juta)

Memiliki kekayaan sekitar Rp1,48 triliun. Gordon Ramsay kerap muncul dalam berbagai acara di televisi seperti Master Chef, Master Chef Junior, Hell Kitchen, The F Word, Ramsay’s Kitchen Nightmare, hingga Hotel Hell.

 

8. Paul Bocuse ($185 juta)

Kekayaannya sekitar Rp2,29 triliun. Paul Bocuse disebut-sebut sebagai chef paling berpengaruh di Perancis. Restoran miliknya yaitu l’Auberge du Pont de Collonges merupakan restoran yang berhasil mempertahankan tiga Michelin Star paling lama sejak didirikan.

 

Paul Bocuse juga memiliki sebuah Institusi bernama Institut Paul Bocuse, di mana 12 universitas di dunia mengirimkan chef terbaiknya untuk melakukan pelatihan intensif di sana.

 

9. Jamie Oliver ($400 juta)

Kekayaannya diperkirakan sekitar Rp4,96 triliun. Chef yang terkenal dengan julukan “The Naked Chef” ini merupakan salah satu chef selebritis berkat TV Show yang dibawakannya. Jamie Oliver memiliki 20 restoran yang tersebar di Australia, Dubai, dan United Kingdom.

 

10. Alan Wong ($1,1 miliar)

Memiliki kekayaan sekitar Rp13,64 triliun. Alan Wong merupakan pendiri dari Hawaiian Regional Cuisine (HRC), yakni sebuah kelompok yang menunjuk ke 12 chef ahli untuk menciptakan makanan inovatif bergaya Hawaii.

 

Chef ini pernah muncul menjadi salah satu juri dalam final acara TV ternama Master Chef musim ke-2. Allan Wong adalah koki yang memasak untuk Barrack Obama di White House.(ilj)

Berita Terbaru