Siapa Saja 5 Gangster Terbesar di Dunia Berdasarkan Pendapatan Mereka?

Yamaguchi Gumi.(Pinterest)

Kabar6-Setiap negara biasanya memiliki kejahatan terorganisasi seperti halnya mafia. Survei dari Javelin Strategy an Research megungkapkan, pada 2013 orang Amerika mengalami kerugian dari kejahatan digital hingga sekira Rp275 triliun. Kerugian tersebut sebagian besar untuk biaya pengamanan dan pemulihan transaksi.

Secara kasar, Fortune mengklaim berhasil memperkirakan lima gangster atau penjahat terorganisasi paling besar di dunia berdasarkan perkiraan pendapatan. Dilansir dari Intisari, ini dia gangster yang dimaksud:

1. Solntsevskaya Bratva (Mafia Rusia), sekira Rp11,4 triliun
Menurut Frederico Varese, Profesor Kriminologi Universitas Oxford, Solntsevskaya Bratva sangat terdesentralisasi. Kelompok ini terdiri dari 10 brigade dengan kekuasaan yang otonom dan terpisah, yang kesemuanya diawasi oleh sebuah dewan beranggotakan 12 orang. Jumlah anggotanya sekira 9.000 orang. Bisnis utamanya adalah perdagangan heroin yang diambil dari Afghanistan dan sebagian kecil perdagangan manusia.

2. Yamaguchi Gumi, sekira Rp89,1 triliun
Dikenal dengan sebutan Yakuza. Pendapatan utama mereka adalah bisnis narkoba, kemudian baru perjudian dan pemerasan. Yamaguchi Gumi merupakan organisasi kejahatan paling terpusat di dunia. Hirarki di Yakuza lebih rumit dan terstruktur. Ikatannya pun sangat kuat, melebihi hubungan keluarga.

3. Camorra, sekira Rp66,1 triliun
Gangster ini berbasis di Napoli, sudah bermula sejak abad ke-19 dan awalnya berasal dari geng penjara. Bisnis utama mereka adalah perdagangan senjata api, pelacuran, perjudian, pemerasan, dan pemalsuan.

4. ‘Ndrangheta, sekira Rp60,7 triliun
Berbasis di Calabria, Italia, kelompok ini merupakan organisasi mafia terbesar kedua di sana. Bisnis utamanya adalah narkoba dan punya hubungan internasional dengan pedagang kokain di Amerika Selatan. Kelompok ini juga merupakan penopang utama keluarga mafia terkenal di Amerika, Gambino dan Bonnano.

5. Kartel Sinaloa, sekira Rp40,5 triliun
Kelompok ini merupakan kartel narkoba terbesar di Meksiko, dan kerap meneror masyarakat, dengan bisnis utamanya narkoba. Organisasi ini kurang begitu terstruktur dibandingkan Yakuza ataupun Camorra. Beberapa waktu lalu pimpinannya tertangkap pemerintah. Namun organisasi ini tetap bisa jalan terus. ** Baca juga: Ditemukan Makam Prasejarah dengan 3 Jenazah dalam 1 Liang

Bagaimana dengan di negara kita? (ilj/bbs)