oleh

Setop Ngemil ‘Berat’ Usai Olahraga

Kabar6-Sesaat setelah berolahraga, para atlet umumnya diminta untuk mengisi ‘tangki’ perut dengan camilan atau minuman berenergi.

Namun bagi Anda yang sedang berusaha mengurangi berat badan, tindakan tersebut justru akan membuat lemak yang sudah kita bakar menjadi sia-sia.

“Karena tujuan kita adalah untuk membuat tubuh ramping, maka seharusnya kita tidak memakan kembali kalori yang sudah dibakar,” jelas Barry S Braun, Direktur Energy Metabolism Laboratory di University of Massachusetts.

Dikatakan Braun, melansir doktersehat, ketika mengonsumsi kembali kalori yang telah dibakar, hal itu justru akan mendatangkan risiko baru, yaitu gangguan jantung. Lalu, mengapa para atlet justru melakukan sebaliknya? “Karena tujuan olahraga seorang atlet berbeda dengan orang awam. Tidak hanya membuat tubuh sehat, tapi juga ada unsur kompetisi di dalamnya. Itu mengapa mereka selalu mendapatkan nasihat yang berlawanan dengan kita,” terangnya.

Braun menyarankan agar tidak langsung ngemil setelah berolahraga agar usaha kita membakar lemak dan karbohidrat bisa berjalan sukses.

Kalaupun terpaksa harus makan, pilih makanan yang bukan berbentuk karbohidrat, karena karbohidrat inilah yang nantinya akan ‘mengundang’ kembali kalori yang sudah kita bakar. ** Baca juga: Ternyata, Persahabatan Masa Remaja Bisa Tentukan Kebahagiaan Saat Dewasa

Bahkan, jumlahnya bisa dua kali lebih banyak dari yang kita buang di atas treadmill atau sepeda.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru