oleh

Setop Keinginan Makan Berlebih Usai Olahraga dengan 4 Trik Sederhana

Kabar6-Olahraga secara teratur dibarengi pola makan sehat cukup nutrisi membantu tubuh tetap fit sekaligus bugar. Sayangnya, usai olahraga tidak sedikit orang yang justru merasa lapar hingga makan dengan porsi berlebih.

Kebiasaan ini tentu saja membuat berat badan menjadi tidak stabil. Mengonsumsi makanan yang tidak tepat akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk.

Bagaimana solusinya? Melansir Health, ada empat trik yang dapat dicoba agar Anda dapat mengendalikan keinginan makan secara berlebih usai olahraga:

1. Olahraga sebelum waktu makan
Jika selalu merasa lapar setelah berolahraga, terlepas dari apakah Anda sudah makan sebelumnya atau berapa kalori yang dibakar, maka ada hal yang dapat dilakukan yaitu menjadwalkan latihan sebelum makan utama Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mengisi tubuh dengan kalori yang memang seharusnya masuk ke tubuh, tanpa menambah jumlah kalori tambahan lagi.

Anda bisa mencobanya dengan melakukan olahraga pagi sebelum waktu sarapan, atau olahraga sore sebelum makan malam. Tapi ingat, jangan lewat dari pukul 18.00.

2. Olahraga santai
Anda berpikir bila ingin mencapai berat badan ideal maka harus melakukan olahraga yang terlalu berat. Perlu diketahui, apabila Anda memaksa diri untuk melakukan olahraga yang terlalu berat, bisa jadi akan membebani tubuh.

Sebenarnya bila Anda melakukan olahraga dengan baik, malah akan menurunkan produksi hormon lapar. Namun karena tubuh belum terbiasa dengan latihan berat, maka bisa menimbulkan rasa lapar.

Selain itu ada pemikiran bahwa olahraga berat berarti kalori yang terbakar sudah banyak, maka Anda boleh makan enak dalam porsi banyak. Padahal, pemikiran ini tidak benar. Jadi, lakukan olahraga secara rutin sesuai kemampuan.

3. Minum air segera setelah olahraga
Saat olahraga, cairan akan keluar dari tubuh. Apabila Anda kurang cairan maka akan mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan ini kadang disangka tubuh keinginan untuk makan alias lapar.

Jadi perlu diperhatikan, minum air untuk mengganti cairan yang hilang dan minum air yang banyak akan membantu mengurangi nafsu makan. ** Baca juga: Ukuran Jari Tangan Dipengaruhi Hormon Ini

4. Minum susu
Susu rendah lemak adalah makanan pemulihan yang hebat karena kandungan proteinnya. Penelitian menunjukkan, mengisi tubuh dengan susu rendah lemak secara khusus, membantu meningkatkan kinerja atletik lebih baik ketimbang minuman olahraga tradisional.

Dengan meminialisir rasa lapar, olahraga yang Anda lakukan jadi lebih maksimal sekaligus bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru