oleh

Setelah Padam, TPSA Bagendung Kembali Terbakar

Kabar6-Usai padam dan masih mengepulkan asap dengan ketebalan 1 meter, TPSA Bagendung di Kota Cilegon, Banten, kembali terbakar malam tadi, Senin 05 Agustus 2019.

Akibatnya, Pemkot Cilegon meminta bantuan petugas pemadam kebakaran (Damkar) dari industri dan Pemkab Serang.

“Sebanyak 9 (mobil) pemadam kebakaran dan 7 truck pensuplay (air) tangki, kita dapat bantuan dari industri, Pemkab Serang,” kata Edi Ariadi, Walikota Cilegon, saat ditemui di Kodim 0623/Cilegon, Selasa (6/8/2019).

Pagi tadi, saat hari sudah terang, para petugas Damkar mulai memadamkan api dari bagian paling bawah tumpukan sampah yang terbakar, hingga ke puncak timbunan sampah.

Menurut Edi, tidak mudah memadamkan tumpukan sampah yang terbakar dan luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 6 ribu meter persegi, dari luas total TPSA 5 hektare.

“Tadi pagi dimulai gerakannya dengan menyisir, mulai dari bawah sampai ke atas. Jadi kita modelnya disisir,” terangnya.

Edi mengistilahkam pemadaman tumpukan sampah seperti memadamkan api dalam sekam, aehingga sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.**Baca juga: Kapolda Banten Resmi Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2019.

“Itu kan plastik segala macem, (sampah) organik anorganik disatukan, terus kan tebel banget tuh. Jadi seperti api dalam sekam. (Yang terkena ISPA) belum ada yang kena ISPA,” jelasnya.(Dhi)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru