Setelah 50 Tahun, Buku yang Dipinjam Baru Dikembalikan ke Perpustakaan

Buku 'The United States in World War I' baru dikembalikan setelah 50 tahun dipinjam.(nbc25news)

Kabar6-Setelah 50 tahun berlalu, sebuah buku berjudul ‘The United States in World War I’ yang dipinjam seorang pria dari Perpustakaan Umum Lexington, Amerika Serikat, pada 1968 silam akhirnya baru dikembalikan .

Buku itu, seperti dilansir nbc25news, baru dikembalikan ke perpustakaan Lexinton cabang Tates Creek di Walden Drive melalui Layanan Pos Amerika Serikat. Dijelaskan, buku tersebut dikembalikan dalam kondisi yang masih baik, dan diposkan dengan alamat pengirim dari rumah di Cape Cod yang rimbun di Marietta, Georgia.

Elliot Appelbaum, manajer perpustakaan cabang Tates Creek, mengatakan bahwa kembalinya buku itu dalam waktu yang lama tidak seperti yang dikira. Waktu 50 tahun adalah hal lumrah bagi peminjam yang malas mengembalikan ke perpustakaan.

“Kami mendapatkan paket, kembali setiap saat,” kata Appelbaum. “Orang-orang pergi ke luar kota, mereka lalu lupa.”

Diketahui, identitas peminjam buku itu adalah Dale Hutchins. Pria tersebut mengatakan, dia masih bersekolah di sekolah dasar Tates Creek Elementary dan Lansdowne pada 1960 sebelum keluarganya pindah ke Texas pada 1970.

Denda perpustakaan adalah 15 sen per hari per volume dengan batas maksimal denda Rp110 ribu. Setelah itu, akun pengguna akan dikenakan harga penerbit untuk buku tersebut. Tetapi perpustakaan tidak memiliki rencana untuk memberikan denda itu ke Dale Hutchins.

“Kami menyambut semua buku yang dipinjam kembali kapan saja,” kata Appelbaum. “Ini agak tidak biasa untuk sesuatu yang lama dikembalikan kepada kami.” ** Baca juga: Zahra, Wanita Asal Maroko yang Hamil Selama 46 Tahun

Salinan buku yang sudah tidak dicetak oleh penerbit Don Lawson itu masih tersedia di Amazon dengan harga termahal Rp450 ribu.(ilj/bbs)