oleh

Sesuai Ritme Sirkadian, Ini Waktu Paling Tepat untuk Video Meeting

Kabar6-Work from home dilakukan selama pandemi COVID-19. Agar pekerjaan menjadi lancar, Anda tentu akan melakukan koordinasi dengan tim lewat video meeting.

Harus diakui, video meeting menjadi andalan banyak perusahaan untuk koordinasi maupun bertukar ide. Sebenarnya, adakah waktu tepat untuk melakukan video meeting? Melansir Pesona, tubuh memiliki ritme sirkadian, yaitu proses biologis yang berpatokan pada siklus 24 jam (pagi-malam) yang mempengaruhi sistem fungsional tubuh manusia.

Berdasarkan ritme sirkadian, hormon kortisol yang membuat Anda bersemangat (namun kortisol tak terkendali memicu stres) ada pada pukul 10.00 hingga tengah hari.

Karena itu, rentang waktu tersebut sebenarnya adalah waktu paling tepat untuk mengadakan video meeting. Berdasarkan penelitian, bisa dipastikan sebagian besar peserta meeting sedang bersemangat sehingga meeting pun lebih efektif.

Dan jangan heran apabila Anda mendadak mellow atau mengantuk saat video meeting antara pukul 13.00 hingga pukul 16.00. Rentang waktu tersebut ternyata waktu paling tepat untuk tidur siang, meski hanya 15 menit.

Terlebih jika menu makan siang Anda kaya karbohidrat. Pergunakan waktu itu untuk tidur siang, maksimal 20 menit, karena lebih dari itu justru bikin Anda lemas. ** Baca juga: Hati-hati, Mukbang Bisa Bahayakan Kesehatan

Tidur siang yang tak lama bisa memberikan manfaat yaitu emosi lebih stabil, Anda lebih produktif, dan lebih sehat. Jika mau tak mau Anda harus video meeting di jam-jam itu, jangan lupa tidur siang sebentar setelahnya. Anda jadi lebih siap dalam melakukan follow-up dari meeting di jam tidur siang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru