oleh

Sering Tidur Pagi, Ini 5 Dampak yang Akan Terjadi

Kabar6-Terkadang karena kesibukan atau tuntutan pekerjaan, tidak sedikit orang yang bekerja hingga larut, sehingga baru beranjak tidur saat pagi hari di saat orang-orang berangkat ke tempat beraktivitas.

Nah, tahukah Anda sebenarnya tidur pada pagi hari membawa dampak negatif terhadap tubuh? Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima dampak yang akan terjadi jika Anda sering tidur pagi:

1. Masalah metabolisme
Jika Anda tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya. Anda akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme. Hal ini akan membuat bobot tubuh meningkat.

2. Lesu
Tidur berlebihan akan membuat Anda merasa lesu karena metabolisme anda masih bekerja dalam ‘set’ malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal. Jika Anda benar-benar ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari tiga puluh menit.

3. Kehilangan waktu produktif
Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran anda masih segar. Jika Anda tidur terlalu lama maka akan akhirnya kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari, sehingga harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam dengan terburu-buru.

4. Disorientasi
Tidur terlalu lama membuat Anda sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur Anda langsung berolahraga. Lalu, karena metabolisme tidak bisa berhenti otak akan membuat Anda merasa lapar.

5. Sakit kepala
Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika Anda tidur terlalu lama. Kondisi ini jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala parah. ** Baca juga: Pola Makan Berpengaruh pada Umur Anda

Yuk, kurangi kebiasaan kurang baik ini dan mulai atur waktu istirahat Anda agar tidak mengganggu kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru