oleh

Sering Terbangun Tengah Malam? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin Anda sering mengalami terbangun pada tengah malam. Sebagian orang menganggap hal ini suatu kondisi yang tidak mengganggu, sisanya justru merasa sangat terganggu.

Apa sih sebenarnya penyebab terbangun pada tengah malam? Dilansir Sunday World, yang dikutip dari lifestyle.analisadaily.com, berikut adalah penyebabnya:

1. Makanan
Makanan diketahui menjadi salah satu hal yang paling sering membuat seseorang bangun di tengah malam. Jika seseorang mengonsumsi makanan yang kurang sehat sebelum tidur, kemungkinan besar tidurnya akan terganggu.

Jadi ada baiknya jika Anda mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi camilan saat hendak tidur. Selain memberikan efek positif terhadap tubuh, tidur kita juga akan lebih nyaman.

2. Alkohol
Bisa menjadi alasan seseorang terbangun pada malam hari. Alkohol dapat menekan REM (Rapid Eye Movement = Gerakan mata cepat) secara normal. Hal itu membuat seseorang sering bermimpi buruk dan membuatnya terbangun di malam hari.

3. Stres
Stres diketahui juga dapat menyebabkan tidur malam Anda terganggu. Penelitian bahkan mencatat 71-96 persen orang yang memiliki gangguan stres pasca-trauma (PTSD) menderita mendapatkan kualitas tidur yang kurang baik di malam hari. ** Baca juga: Menguap Itu Banyak Artinya Lho

Hindari ketiga hal di atas yang menyebabkan Anda terbangun tengah malam, sehingga keesokan harinya kondisi badan menjadi bugar, dan dapat beraktivitas dengan lancar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru