oleh

Sering Minum Teh Rasa Buah Tidak Baik untuk Kesehatan Gigi?

Kabar6-Minum teh bagi sebagian orang sudah menjadi rutinitas harian sebelum melakukan aktivitas, atau saat sedang kumpul bersama teman-teman. Dari sekian banyak jenis teh, saat ini tidak sedikit juga teh yang memiliki rasa tertentu, salah satunya adalah buah-buahan.

Teh dengan rasa buah-buahan memang cukup populer, selain sebagai ‘teman’ makan camilan, juga saat pesta atau acara besar lainnya. Tidak hanya terasa manis, kadang aneka buah pun ditambahkan guna menambah kesegaran minuman.

Namun tahukah Anda, terlalu sering mengonsumsi teh rasa buah ternyata tidak disarankan? Tim peneliti dari King’s College London, melansir 1health, menemukan bahwa mengonsumsi minuman seperti squash buah, teh rasa buah, minuman diet, minuman bergula serta minuman beraroma lainnya yang dibarengi dengan makan besar, dapat meningkatkan risiko erosi gigi yang berasal dari asam.

Penelitian yang dipublikasikan dalam British Dental Journal ini mengamati pola diet dari 300 orang, di mana semuanya menderita sakit erosi gigi yang parah.

Ditemukan, orang-orang yang sering mengonsumsi minuman asam di atas dua kali dalam sehari di antara waktu makan berat, memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami masalah gigi.

Erosi gigi merupakan kondisi di mana kita mengalami kehilangan progresif dari zat keras yang membentuk gigi yang kemudian dapat menyebabkan gigi tanggal.

Erosi gigi ini lebih umum terjadi pada anak-anak, namun ini juga menjadi penyebab utama kerusakan gigi di kalangan orang dengan lanjut usia. ** Baca juga: Jauhi Pikiran Negatif Jadi ‘Kunci’ Hidup Lebih Tenang

Menggunakan sedotan ketika mengonsumsi minuman yang asam dapat membantu mengurangi kerusakan. Namun jika benar-benar ingin terhindar dari masalah gigi ini, batasi konsumsinya atau minum air putih biasa bahkan susu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru