oleh

Sering Konsumsi Kapsul Minyak Ikan Tidak Disarankan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ada banyak suplemen vitamin yang tersedia di pasaran, salah satunya adalah suplemen minyak ikan yang mengandung vitamin A, asam lemak omega-3 dan vitamin D. Omega-3 bagus untuk kesehatan kardiovaskular, sementara vitamin A dan D dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Ternyata selain memberikan manfaat, mengonsumsi kapsul minyak ikan berlebihan juga bisa menyebabkan bahaya bagi kesehatan, lho. Apa saja efek yang dimaksud? Dilansir dokter.id berikut uraiannya:

1. Pendarahan
Kelebihan konsumsi suplemen minyak ikan bisa menyebabkan perdarahan berlebih. Omega-3 memainkan peran penting dalam tubuh Anda untuk mengurangi peradangan namun dapat menyebabkan perdarahan terutama jika Anda konsumsi obat antikoagulan. Asupan asam lemak omega-3 yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko stroke hemoragik, pecahnya pembuluh darah otak.

2. Keracunan Vitamin A
Mengonsumsi terlalu banyak suplemen minyak ikan yang kaya vitamin A dapat menyebabkan keracunan vitamin A. Ya, vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak dan tidak larut dalam air urine.

Kelebihan vitamin A terakumulasi di hati, yang dapat menyebabkan kerusakan hati dan gejala lain terlihat seperti pusing, rambut rontok, dan peningkatan nyeri intrakranial dan tulang, antara lain. Dosis vitamin A yang tepat bervariasi sesuai dengan beberapa faktor seperti usia, kesehatan dan apakah Anda hamil. Hindari mengkonsumsi lebih dari 1.300 mikrogram setiap hari.

3. Keracunan Vitamin D
Terlalu banyak penumpukan vitamin D akibat asupan suplemen minyak ikan yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan vitamin D. Kelebihan vitamin D menginduksi kadar kalsium dalam darah.

Hal ini dapat menyebabkan kalsifikasi, yaitu penumpukan garam kalsium di organ tubuh Anda seperti ginjal dan jantung. Keracunan vitamin D yang parah dapat menyebabkan komplikasi seperti kerusakan ginjal, batu ginjal, hiperkalsemia dan dehidrasi.

Perhatikan dosis vitamin D, dan segera dapatkan bantuan medis jika Anda memperhatikan gejala kelebihan vitamin D. Konsumsi lebih dari 18,1 mikrogram / dL vitamin D setiap hari dapat menyebabkan keracunan

4. Efek samping lainnya, suplemen minyak ikan dapat menyebabkan efek samping ringan lainnya seperti diare, perut kembung dan bersendawa. Selain itu beberapa minyak ikan dapat mengandung racun yang mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda, seperti merkuri, bifenil poliklorinat dan dioksin. ** Baca juga: Ini Dia 3 Hormon Biang Keladi Berat Badan Susah Tidur

Jadi, hindari mengonsumsi suplemen minyak ikan secara berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru