oleh

Sering Kebanjiran, Warga Pabuaran Desak Pemkot Tangerang Buat Tandon Air

Kabar6-Warga Kelurahan Pabuaran Tumpeng Kecamatan Karawaci berharap Pemerintah Kota Tangerang segera membangun embung atau tandon air sebagai langkah menanggulangi banjir di wilayah itu.

Tandon berfungsi sebagai penampung air pada musim hujan yang bisa diatur melalui pintu air, sehingga air mengalir dan tidak banjir seperti yang selama ini terjadi.

Lurah Pabuaran Tumpeng Ujang Soleman mengatakan keinginan warga ini disampaikan dalam bentuk menghimpun tanda tangan dukungan. “Sudah puluhan warga yang membubuhkan tandatangannya,” kata Ujang, Minggu 8/3/2020.

Sebagai pemerintahan di kelurahan, kata Ujang, sejauh ini mendukung permintaan masyarakat tersebut. ” Kami akan menjembatani keinginan warga dengan Pemkot Tangerang,” kata Ujang.

Menurut Ujang, keinginan warga agar dibuatkan tandon ini sudah cukup lama. “Tekad warganya sudah bulat untuk dibuatkan tandon. Sudah sejak lima tahun lalu,” tuturnya.

Chandra, salah seorang warga perumahan Pondok Arum mengakui sudah sejak lama menginginkan adanya tandon yang dibangun Pemkot Tangerang. “Kebetulan ada lahan kosong milik masyarakat yang memungkinkan di atasnya dibangun embung itu,” katanya.

Menurut Chandra, jika permintaan tandon ini segera direspon Pemerintah Kota Tangerang maka warga pasti bergembira paling tidak antisipasi banjir sudah dilakukan.

Candra mengatakan banjir di perumahan itu menjadi masalah yang hingga kini seperti tidak ada solusi. Menurutnya, perumahan itu seolah menjadi langganan banjir ketika curaj hujan tingg8. ” Banjir pada awal Januari 2020 setinggi dua meter,” katanya. Dia menyebutkan banjir terparah ada di perumahan yang sama dan Perumahan Benua Indah, ketinggian air mencapai empat meter.

Candra menyebutkan lahan itu semestinya dibeli pemerintah untuk kepentingan masyarakat. “Sudah 90 persen lebih warga Pabuaran Tumpeng setuju dengan tanda tangan mendukung dibuat tandon, ini masih berjalan sosialisasi meluas hingga Nambo Jaya,”kata Candra.

Candra memastikan warga di Perumahan Benua Indah dan Pondok Arum yang sebagian wilayahnya masuk Kelurahan Nambo Jaya setuju.

**Baca juga: 40 Titik Jalan Kali Perancis Mulai Diperbaiki.

“Lokasi tanah kosong itu ada di Pabuaran Tumpeng tapi saya yakin karena lokasi Nambo Jaya itu lebih rendah dari tanah kosong itu jadi kalau dibuatkan tandon daerah di bawahnya akan bebas banjir,”ujar Candra.

Candra menambahkan menyangkut keinginan adanya tandon ini sudah berulang kali dirapatkan dan disosialisasikan kepada warga. Hasilnya tetap sama warga mendorong Pemkot membuatkan tandon air.

Apalagi kata Candra di ujung saluran irigasi tepat di atas tanah kosong yang diperkirakan seluas 8000 meter itu Pemkot sudah membangun pintu air.(GFM)

Berita Terbaru