oleh

Sering Buang Angin, Mungkin Ini Penyebabnya

Kabar6-Pada dasarnya, buang angin atau kentut adalah kondisi alami yang terjadi pada setiap manusia. Namun sejumlah orang terkadang terlalu sering buang angin sehingga membuat suasana tidak nyaman.

Buang angin yang terlalu sering bisa terjadi akibat Anda menelan udara ketika sedang makan dan minum, sehingga oksigen dan nitrogen berkumpul di saluran pencernaan. Namun selain itu, terdapat beberapa hal yang bisa jadi penyebab Anda sering buang angin. Melansir beberapa sumber, berikut sejumlah penyebab yang dimaksud:

1. Minuman soda
Jika Anda gemar mengonsumsi minuman berkarbonasi dan mengunyah permen karet, udara akan terperangkap dalam usus besar. Kondisi ini membuat produksi gas menjadi lebih banyak hingga 50 persen.

2. Berlebihan konsumsi permen karet
Faktanya, tubuh Anda tidak dapat mencerna gula palsu seperti sorbitol atau zylitol, bahan yang ditemukan dalam banyak jenis permen karet bebas gula. Senyawa tersebut dapat mengendap di usus dan berfermentasi.

Di sisi lain, gula alami ternyata juga dapat membuat Anda memproduksi lebih banyak angin juga, terutama fruktosa (gula dalam buah). Ini karena beberapa orang kekurangan enzim yang diperlukan untuk memecahnya.

3. Konsumsi sayuran tertentu
Meskipun sehat, sayuran seperti kangkung, kubis, kubis Brussel dan brokoli mengandung karbohidrat yang membuatnya sulit dicerna. Ketika sayuran tersebut menumpuk di usus, maka akan menghasilkan gas. Akibatnya, Anda jadi lebih sering buang angin.

4. Stres
Usus dan emosi ternyata memiliki hubungan yang erat. Keduanya terhubung lewat jaringan saraf dan neurotransmiter, sehingga para ilmuwan menjuluki saluran pencernaan Anda sebagai ‘otak kedua’.

Terlalu banyak pikiran yang berujung stres dapat mendatangkan malapetaka pada usus Anda. Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk lebih sering melakukan meditasi guna menenangkan pikiran.

5. Intoleransi laktosa
Intoleransi laktosa atau kondisi ketidakmampuan usus untuk memproduksi laktat dalam mencerna susu dapat menyebabkan efek sering kentut. Selain itu, beberapa produk turunan susu seperti keju, yoghurt, atau es krim juga patut diwaspadai. ** Baca juga: Saran WHO: Anak di Bawah Usia 5 Tahun Tidak Nonton TV Lebih dari 1 Jam

Apakah Anda termasuk orang yang juga sering buang angin? (ilj/bbs)

Berita Terbaru