oleh

Serapan Baru 72 Persen, Irna Minta Kepala DPKD Pandeglang Jemput Bola

Kabar6-Sampai bulan November serapan anggaran Pemkab Pandeglang baru 72 persen yang semula ditargetkan 90 persen dari nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp2,5 triliun.

Menanggapi hal itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Pandeglang untuk jemput bola OPD mana yang lambat melakukan penyerapan anggaran.

“Saya sampaikan kepada Kepala DPKD jemput bola. Apabila (lemahnya serapan) itu di kontruksi, segara ambil,” kata Irna, Jumat (15/11/2019).

Oleh sebab itu, ke depan Pemkab Pandeglang akan menerapkan tender dini guna mempercepat pekerjaan dan penyerahan anggaran sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

“Memang Pak Presiden juga menyampaikan begitu ketika kita menerapkan tender dini. Kenapa ini tender dini dilakukan untuk percepatan pembangunan dan investasi,” ujarnya.

**Baca juga: Hambat Investasi, Banyak Regulasi Tumpang Tindih di Pandeglang.

Sebelumnya, Kepala DPKD Pandeglang Iskandar menerangkan, sebagian besar serapan yang rendah itu terjadi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola pekerjaan fisik.

“Karena masih ada beberapa OPD yang belum atau masih rendah serapannya. Terutama OPD yang terkait melaksanakan kegiatan fisik,” ujarnya.(Aep)