oleh

Seperti Kisah dalam Film Horor, 5 Penyakit yang Dianggap Menyeramkan

Kabar6-Sejumlah penyakit seperti pilek, demam, atau batuk mungkin sudah biasa Anda alami. Namun ternyata, ada beberapa penyakit yang pernah Anda lihat dalam film-film horor, dan ternyata itu benar-benar ada, lho.

Apa saja sejumlah penyakit yang dianggap seperti kisah dalam film-film horor itu? Melansir keepome, ini lima penyakit yang dimaksud:

1. Buta wajah
Dalam dunia medis, gejala buta wajah dinamakan dengan prosopagnosia. Seseorang yang mengalami penyakit ini tidak akan mengenali orang-orang yang ditemuinya.
Bahkan, bagi yang terkena gejala ini secara ekstrem, mereka tidak mengenali wajah orang-orang terdekat seperti keluarga.

2. Déjà vu konstan
Mungkin Anda pernah nonton film Triangle (2009) yang menceritakan seorang wanita terjebak dalam perputaran waktu yang sama, dikenal dengan istilah time loop. Istilah ini sendiri oleh masyarakat Indonesia dikenal dengan sebutan déjà vu.

Nah, déjà vu yang paling mengerikan pernah dirasakan oleh seorang mahasiswa berusia 23 tahun. Parahnya, déjà vu yang dirasakannya terus berulang secara konstan. Hal ini bahkan mengakibatkan dirinya tidak lagi mengonsumsi hiburan seperti televisi atau musik karena merasa hal tersebut pernah terjadi dan terus berulang.

Dalam kondisi paling parah, orang yang terkena déjà vu konstan ini bakal sudah tidak mengenal lagi hal apa yang mengalami perubahan, dan hal apa yang masih berjalan tetap.

3. Alice in Wonderland
Sindrom Alice in Wonderland ini akan membuat penderitanya merasa tidak bisa lagi memandang dunia secara normal. Orang yang terkena sindrom ini akan mengalami gejala kegilaan pada dirinya. Misalnya penderita akan melihat berbagai obyek yang ada di sekelilingnya membesar dan mengecil dengan sendirinya.

Dalam dunia medis, gejala ini berkaitan dengan kelainan pada bagian otak yang berfungsi sebagai perseptor, baik ukuran, jumlah, atau warna yang tertangkap oleh indera penglihatan.

4. Delusi capgras
Merupakan penyakit yang dapat membuat penderitanya mempercayai bahwa semua orang yang ada di sekelilingnya bukanlah orang aslinya, melainkan sudah digantikan oleh kembaran, yang merupakan sisi jahat dari orang asli tersebut.

Penderita akan melihat semua orang sama secara penampilan, namun secara sifat sangat berbeda. Kurang lebih penyakit ini memiliki pola yang sama dengan penyakit buta wajah, hanya saja dalam kasus ini, wajah dari orang yang dilihat masih bisa dikenali.

Namun kepribadiannya yang membuat si penderita merasa orang tersebut adalah orang asing dan bukan sosok yang dikenalinya. ** Baca juga: Hantu Jadi-jadian Hammersmith Bikin Heboh Warga Kota London

5. Sindrom tangan alien
Penyakit ini disebabkan oleh kelainan pada sistem saraf otak. Dalam beberapa kasus, gejala ini bisa membuat si penderita bisa tiba-tiba memukul wajahnya sendiri dan bahkan bisa menelanjangi dirinya sendiri di depan umum tanpa adanya keinginan dari si penderita itu sendiri.

Pernahkah Anda menyaksikan secara langsung seseorang yang mengidap salah satu dari kelima kondisi tadi?(ilj/bbs)

Berita Terbaru