oleh

Seperti Apa Mengucek Mata yang Benar?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Secara refleks, Anda pasti pernah mengucek mata saat bangun tidur atau terkena debu. Banyak yang mengatakan jika mengucek mata bisa menyebabkan kerusakan pada organ penglihatan.

Benarkah pendapat tersebut?

“Bagi kebanyakan orang, mengucek mata dengan lembut dan sesekali tidaklah berbahaya. Tapi jika mengucek terlalu keras, terlalu sering atau lama maka bisa timbul masalah,” ujar Profesor Charles McMonnies dari School of Optometry and Vision Sciencedi University of NSW, seperti dikutip dari ABC.news.au.

Mengucek mata bisa merangsang air mata mengalir dan melumasi mata kering, menghilangkan debu dan zat yang bisa mengiritasi lainnya, serta mengurangi stres.

Kondisi ini, dikutip dari health.detik.com, disebut dengan oculocardiac reflex yang bisa membantu seseorang merasa rileks.

Sebaliknya, jika Anda mengucek mata terlampau keras, seperti hendak mendorong bola mata ke dalam, tentu saja berbahaya karena dapat meningkatkan tekanan di bola mata.

Jika tekanan sangat keras dan berulangkali, tekanan pada mata pun bisa meningkat 20 kali lipat.

“Mengucek terlalu keras di pagi hari dapat berisiko bagi kornea karena saat itu mata membengkak akibat kelebihan cairan sehingga rentan kerusakan, dan risiko tinggi juga dialami jika menggunakan lensa kontak,” ujar Prof McMonnies.

Ditambahkan McMonnies, mengucek mata dapat memperburuk mata yang sudah perih, merah dan gatal sehingga membuat orang ingin terus mengucek.

“Tidak ada alasan untuk merekomendasikan menggosok atau mengucek mata, hal ini harus dihindari setiap saat,” ungkapnya.

Beberapa solusi yang disarankan McMonnies untuk menghindari mengucek mata adalah:

1. Menempelkan tisu basah yang bersih ke mata untuk membantu mengurangi gatal dan dorongan mengucek mata, terutama pada pagi hari.

2. Mengobati penyebab mata kering, iritasi atau gatal serta menghindari alergen yang diketahui dapat menyebabkan iritasi.

3. Mencoba untuk mengelola stres, terutama jika penyebab seringnya mengucek mata akibat stres. ** Baca juga: Waspadai Akibat Kebiasaan Makan Terburu-buru

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru