oleh

Sepekan BIAN di Lebak, Dinkes Belum Terima Laporan KIPI

Kabar6-Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sudah sepekan digelar di Kabupaten Lebak. Sebanyak 93.617 anak usia 5-59 bulan diharapkan mendapatkan imunisasi campak rubella (MR) serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat.

Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinkes Lebak, Tb Mulyawan, mengatakan, dari jumlah sasaran, 22 persen anak di antaranya sudah menerima imunisasi MR.

“Untuk imunisasi MR per kemarin sudah di angka 22%, lalu untuk imunisasi Kejar terdiri dari DPT di angka 7,2%, IPV 7,3% dan OPV 9,3%,” kata Mulyawan, Rabu (10/8/2022).

Mulyawan menjelaskan, selama pelaksanaan BIAN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak membentuk Komisi Daerah (Komda) KIPI. Ini untuk melayani penerima imunisasi yang mengalami KIPI dengan gejala berat.

“Alhamdulillah belum ada laporan mengenai KIPI, semoga tidak ada ya,” harap Mulyawan.

**Baca juga:Stok ABU di Lebak Menipis, Kasus Warga Digigit Ular Meningkat

Pemberian imunisasi MR dan polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat dilakukan di seluruh kecamatan. Ia mengklaim, masyarakat yang memiliki balita antusias mengikuti program tersebut sebagai upaya pencegahan terhadap berbagai penyakit.

“Karena bukan hanya pelaksanaan imunisasi tapi di posyandu juga dilaksanakan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan lansia, gizi, penimbangan berat dan tinggi badan anak, pemberian vitamin A, layanan ibu hamil, rematri, posbindu, serta vaksin booster,” papar dia.(Nda)