oleh

Seorang Remaja Kembalikan Uang Sebesar Rp2 Miliar yang Ditemukan Dekat ATM

Kabar6-Dunia memang tidak pernah kehilangan orang baik dan jujur. Meskipun ada kesempatan untuk mendapatkan uang dalam jumlah besar, seorang remaja di Amerika Serikat bernama Jose Nunez Romaniz (19) ini memilih mengembalikan uang tersebut pada pemiliknya.

Bagaimana kisahnya? Berawal ketika Nunez, melansir rnews, hendak membeli kaus kaki untuk kakeknya lewat toko online. Nah, saat hendak melakukan pembayaran di ATM bank Wells Fargo, remaja asal Albuquerque, New Mexico, ini ia melihat sebuah tas plastik transparan di lantai mesin ATM. Isinya adalah tumpukan uang dengan pecahan Rp746 ribu dan RpRp 298 ribu.

“Saya tidak tahu harus berbuat apa. Saya seperti bermimpi. Saya hanya terkejut. Kemudian berpikir ‘Apa yang harus saya lakukan’?” kata Nunez. “Apakah ini semacam tipuan? Apakah seseorang akan menarik saya dari belakang dan menculik saya?” pikir Nunez.

Remaja itu pun langsung menelepon polisi karena bank tutup pada Minggu. Siapa sangka, uang temuan Nunez yang dihitung oleh polisi itu ternyata berjumlah sekira Rp2 miliar.

Polisi Albuquerque bernama Simon Drobik menduga, subkontraktor bank lupa meninggalkan uang tunai yang dimaksudkan untuk diisi ke mesin ATM.

“Uang ini bisa membuat perbedaan yang luar biasa dalam hidupnya jika dia menempuh jalan yang lain, tetapi dia memilih…jalur integritas dan melakukan hal yang benar,” kata Drobik, juru bicara kepolisian Albuquerque.

Ketika dimintai komentar tentang tindakan Nunez, juru bicara bank Wells Fargo, Tony Timmons, mengatakan dia akan patuh kepada aturan vendor yang melayani ATM.

Atas kejujurannya itu, pejabat kota mengundang Nunez dalam sebuah upacara di luar Akademi Polisi Albuquerque. Kepala polisi memberinya sebuah plakat, dan telah mengundang Nunez, seorang mahasiswa Community College New Mexico Tengah, untuk melamar pekerjaan sebagai pembantu layanan publik di departemen kepolisian.

Albuquerque ESPN Radio 101.7 FM memberinya beberapa memorabilia olahraga yang ditandatangani yang dimiliki stasiun itu, termasuk bola sepak yang ditandatangani oleh mantan NFL dan linebacker Universitas New Mexico, Brian Urlacher.

Dikatakan Presiden stasiun radio ESPN bernama Joe O’Neill, stasiun radio juga memberi Nunez enam tiket musiman untuk laga sepak bola UNM. Setidaknya tiga bisnis lokal memberi Nunez masing-masing Rp7,5 juta, dengan salah satu restoran menambahkan kartu voucher senilai Rp1,5 juta).

“Itu cerita paling keren…sungguh tidak bisa dipercaya apa yang dilakukan bocah itu,” kata O’Neill. ** Baca juga: Ditemukan Kota Atlantis yang Sesuai Deskripsi Plato

Nunez sendiri baru saja menyelesaikan tahun pertamanya di perguruan tinggi. Impian masa kecilnya adalah bekerja sebagai penyelidik TKP.

Bersikap jujur memberi Anda kemudahan menjalani hidup.(ilj/bbs)

Berita Terbaru