oleh

Seorang Remaja Asal Kolombia Bisa Tidur Hingga 2 Bulan

Kabar6-Seorang remaja asal Kolombia bernama Sharik Tovar (17), mendapat julukan ‘Sleeping Beauty’ atau putri tidur karena mengalami sindrom Kleine-Levin, penyakit langka yang bisa membuatnya tidur hingga dua bulan.

Selain bisa tidur berhari-hari, melansir mirror.co.uk, sindrom Kleine-Levin juga membuat Sharik kehilangan memori. Agar tetap mendapat asupan nutrisi, ibunda Sharik bernama Marleny Tovar, harus memberi putrinya makanan yang sudah dihaluskan setiap dua jam sekali lewat selang. Hal ini dilakukan saat Sharik mulai tak bangun-bangun dari tidurnya.

Disebutkan, kasus Kleine-Levin yang dialami Sharik hanya terjadi sekira 40 kasus yang dilaporkan di seluruh dunia. “Setelah tidur selama 48 jam pada Juni 2018 lalu, dia mulai kehilangan ingat secara perlahan. Dia bahkan pernah bertanya siapa dia,” kata Marleny.

Wanita ini telah meminta bantuan suplemen pada layanan kesehatan EPS Capital Salud agar putrinya bisa tetap mendapat vitamin selama dia tertidur. Sharik juga diminta untuk melakukan perawatan neurological oleh dokter. “Waktu terlama Tovar pernah tidur sampai dua bulan,” jelas Marleny.

Sindrom Kleine-Levin yang membuat penderitanya tidur lama ditandai dengan hipersomnia persisten dan perubahan kognitif atau suasana hati yang biasanya berlangsung lebih dari seminggu, dan kadang-kadang selama berbulan-bulan. ** Baca juga: Selama 24 Tahun Wanita Ini Ternyata Hidup Tanpa Otak Kecil

Namun saat ini tidak diketahui apa yang menyebabkan sindrom Kleine-Levin, walaupun kondisinya umum adalah akibat infeksi virus.(ilj/bbs)

Berita Terbaru