oleh

Seorang Petani Prancis Harus Bayar Denda Ratusan Juta Karena Bau Kotoran Sapi

Kabar6-Sial benar nasib Nicolas Bardy. Pria yang juga seorang petani asal Prancis ini harus membayar denda sebesar Rp125 juta setelah tetangganya mengeluhkan bau kotoran dari kawanan sapi peliharaan Bardy.

Keluarga Bardy yang telah memelihara ternak di Lacapelle-Viescamp, Cantal, selama enam generasi, melansir theguardian, dituduh menimbun tumpukan jerami terlalu dekat dengan rumah tetangganya yang sudah pensiun. Hal itu lalu diduga menyebabkan bau busuk yang sangat menyengat.

Mereka juga menggunakan gudang penyimpanan sama untuk ternak yang menyebabkan bau dari penumpukan kotoran. Berdasarkan keluhan itu, hakim pun memutuskan bahwa Bardy bersalah.

Bardy menyatakan naik ke pengadilan kasasi, pengadilan pidana dan perdata tertinggi di Prancis. Menurut Bardy, keputusan untuk membayar ganti rugi adalah kebodohan yang telah melewati batas.

Putusan hakim mengakui bahwa tidak biasa dihadapkan dengan bau yang ditimbulkan oleh kegiatan pertanian memang tak selalu jadi pasal serius.

Namun bau yang diakibatkan tumpukan jerami di dekat rumah tetangga dan mengganggu tetangga tersebut adalah hal yang ilegal. Hal itu bisa menjerat secara hukum. ** Baca juga: Seorang Pria Membuat Bom untuk Hadapi Alien yang Berencana Hancurkan Bumi

Diketahui, dalam sengketa yang terjadi di perkotaan maupun di perdesaan Prancis, sangat jarang bagi mereka yang lahir dan besar di desa kalah dari pendatang yang terbiasa dengan kebisingan lalu lintas, dibandingkan terusik dengan hewan ternak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru