oleh

Seorang Mahasiswa Zambia Dihukum Tulis Esai Karena Bawa ‘Kue Ganja’

Kabar6-Seorang mahasiswa tahun pertama jurusan teknik sipil di Universitas Copperbelt bernama Chikwanda Chisendele (21), ditangkap polisi Zambia karena membawa kue mengandung ganja dengan berat lebih dari satu kilogram.

Hal yang unik, melansir BBC Indonesia, hakim menghukum Chikwanda dengan menyuruhnya membuat esai sepanjang 50 halaman tentang penyalahgunaan narkoba. Di persidangan, Chikwanda juga diminta untuk menulis surat permohonan maaf kepada pihak kampusnya, orangtua serta Komisi Pemberantasan Narkoba Zambia (DEF) sebelum pada 15 November mendatang.

Selain itu, hakim juga memberi hukuman percobaan dua tahun penjara, yang berarti ia tidak akan dipenjara kecuali bila melakukan tindakan melawan hukum lagi. DEF mengatakan, mereka telah ‘mengintensifkan upaya untuk menangkap orang-orang’ yang membuat kue mengandung ganja.

Dalam peringatan kepada sejumlah universitas, DEF mendorong pihak kampus untuk ‘waspada terhadap tren kue dan scone yang mengandung ganja diperjualbelikan di kalangan mahasiswa’.

Di bawah hukum Zambia, ganja dikategorikan sebagai zat berbahaya dan kepemilikannya berstatus ilegal. Perdagangan, kepemilikan dan penggunaaan narkoba seperti ganja diancam dengan hukuman penjara maupun denda. ** Baca juga: Singapura Bakal Jadi Negara Pertama yang Larang Iklan Minuman Manis

Zambia sendiri merupakan bekas koloni Inggris di selatan Afrika telah berjuang menghadapi penyalahgunaan dan perdagangan narkoba sejak lama, terutama ganja dan heroin.(ilj/bbs)

Berita Terbaru