oleh

Seorang Ilmuwan Ciptakan Tanaman yang Bisa Menyala dalam Gelap

Kabar6-Michael Strano, seorang ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology (MIT), telah menciptakan tanaman yang bisa menyala dalam gelap. Strano merupakan co-author dalam penelitian sekaligus penemuan ini. “Visi kamu adalah membuat tanaman yang berfungsi menerangi meja atau membuat lampu meja tanpa harus mencolokkan lampu tersebut ke listrik lebih dulu,” katanya.

Ditambahkan, cahaya ini didukung oleh metabolisme energi dari tanaman itu sendiri. Dilansir Odditycentral, dalam penelitian tersebut para peneliti telah menanam kangkung, selada air, argula dan bayam. Dengan menambahkan luciferase atau enzim yang membuat kunang-kunang bersinar di setiap media tanamnya, tanaman yang dihasilkan pun akhirnya mampu memancarkan cahaya saat gelap.

Peneliti juga menambahkan luciferin serta membuat tekanan pada setiap tanaman. Tekanan yang ada akan memungkinkan zat kimia pada media tanam meresap dengan baik dalam tanaman lewat pori-pori kecil tanaman itu sendiri. ** Baca juga: Gigit Penumpang Selama Penerbangan Sebabkan Sebuah Maskapai Alihkan Rute

Untuk percobaan pertama, para ahli mengungkapkan jika tanaman bisa menyala selama 45 menit. Dalam percobaan selanjutnya, tanaman bisa menyala 3-4 jam. Para ahli percaya, dengan modifikasi dan penelitian lebih lanjut, tanaman yang menyala bisa bertahan hingga berjam-jam dengan cahaya yang lebih melimpah atau terang, sehingga diharapkan bisa membantu warga dunia untuk menghemat sumber energi listrik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru