oleh

Sengketa Lahan Membayangi Pengoperasian Runway Tiga Bandara Soekarno-Hatta

Kabar6-PT Angkasa Pura II berkukuh tetap akan mengoperasikan landasan pacu atau Runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta pada bulan Juli ini, meski masalah sengketa lahan belum tuntas.

Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan Runway tiga akan dioperasikan pada bulan Juli ini. “Tetap beroperasi Juli ini, sesuai jadwal,” ujarnya, Jum’at (5/7/2019).

Yado mengatakan progres pembangunan landasan pacu ketiga di Bandara Soekarno-Hatta ini sudah mencapai 95 persen. “2500 meter dari 3000 meter lahan sudah clear,”katanya.

Dia mengakui dari 3000 meter panjang landasan pacu, 500 meternya kini belum bisa dibangun karena masih ada ratusan warga yang bertahan. “Itu posisinya diujung Runway tiga, tapi ini tidak akan bersinggungan dengan pengoperasian Runway tiga ini.”

**Baca juga: Sengketa Lahan Bandara Soekarno-Hatta, Warga Minta Eksekusi Dibatalkan.

Ratusan warga desa Rawarengas hingga kini masih bertahan karena belum menerima ganti rugi atas bidang tanah dan rumah mereka yang tergusur proyek perluasan Bandara Soekarno-Hatta tersebut. Seperti di RW 15, saat ini 145 kepala keluarga atau 750 jiwa masih bertahan.

Belakangan diketahui jika lahan yang mereka tempati tersebut berstatus sengketa karena diklaim beberapa warga. Alhasil, uang ganti rugi mereka tertahan karena dikonsinyasi atau dititipkan ke Pengadilan Negeri Tangerang. (GFM)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru