oleh

Semakin Tua Tubuh Semakin Gemuk?

Kabar6-Seiring bertambahnya usia, mungkin Anda merasa semakin tua, tubuh akan menjadi semakin gemuk. Padahal, Anda telah mengonsumsi jumlah makanan dengan porsi yang wajar.

 

Selain itu, semakin bertambah tua, Anda pun sering kewalahan untuk menurunkan berat badan. Mengapa hal itu bisa terjadi?

 

Menginjak usia 40-an, kita akan kehilangan antara seperempat hingga satu kilogram otot. Dan secara alami, kita akan mendapatkan setengah kilogram lemak setiap tahun.

 

Nah, semakin banyak otot yang hilang, maka metabolisme tubuh akan semakin lambat. Akibatnya, semakin lambat juga pembakaran kalori dalam tubuh. Jadi tubuh yang pernah Anda miliki saat usia 20-an jelas menjadi berbeda dibanding tubuh yang Anda miliki pada usia 40-an.

 

Selain itu, jika kita kurang berolahraga, persendian pun kemungkinan besar akan menjadi sering sakit. Alhasil beberapa orang memilih untuk mengurangi aktivitas. Minimnya aktivitas fisik dan kurang gerak membuat tubuh akan membakar kalori lebih sedikit.

 

Kondisi ini diperparah jika Anda mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sama bahkan lebih dari yang Anda makan sewaktu usia muda dulu. ** Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Sabun Cair Atau Sabun Padat?

 

Sebagai gambaran, pada usia 40-an, Anda dianjurkan makan sebanyak 2.200 kalori per hari. Ketika berusia 50 tahun, Anda tetap makan sebanyak 2200 kalori per hari, itu berarti Anda mendapat 200 kalori tambahan per hari. Kelebihan asupan kalori inilah yang menjadi penyebab timbunan lemak dalam tubuh.

 

Bagaimana mengatasi hal tersebut?

 

1. Olahraga teratur seperti jogging, berenang, bersepeda, atau beraktivitas yang melibatkan fisik. Lakukan juga latihan angkat beban untuk mempertahankan massa otot Anda.

 

2. Mengatur pola makan sehat dengan membagi tiga kali makan besar menjadi lima atau enam kali makan porsi kecil per hari. Kurangi makanan yang digoreng, hindari junk food atau makanan cepat saji, dan perbanyak buah-buahan dan sayuran.

 

Semakin berumur, Anda harus lebih bijaksana mengatur hidup, agar tetap sehat untuk menikmati karunia Tuhan. (ilj)

Berita Terbaru