oleh

Self Destruct, Teknologi yang Selamatkan Data Penting Saat Ponsel Dicuri

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ketika mengetahui ponsel milik Anda dicuri, hal pertama yang terbayang adalah data-data penting atau nomor telepon yang tidak akan kembali. Namun kini ada satu cara untuk menyelamatkan data-data penting tersebut.

Para peneliti dari King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) di Arab Saudi, dikutip dari Wowmenariknya, menciptakan cara untuk mencegah data-data penting berpindah ke orang lain.

Muhammad Mustafa Hussain, salah satu peneliti yang ingin melakukan inovasi tersebut, menjelaskan bahwa calon pelanggannya membutuhkan proteksi data. Menghancurkan fisik perangkat jelas lebih efektif dibandingkan remote-wipe.

Teknologi yang disebut ‘self destruct’ ini bisa diterapkan dalam semua jenis perangkat modern. Cara kerjanya mengandalkan expandable polymer yang bisa meremukkan chip penyimpan data perangkat dalam hitungan detik.

Saat mekanisme self destruct ini diaktifkan secara remote, dilansir Tech Times, elektroda pemanas yang tersambung ke baterai akan mengaktifkan polimer yang kemudian akan berkembang secara cepat hingga tujuh kali aslinya ketika dipanaskan dengan suhu 80 derajat celsius.

Menurut para peneliti pengembangnya, expanding polymer bisa menghancurkan chip silikon yang tebalnya kurang dari 0,1 mm. Remote pemicu bisa memanfaatkan teknologi GPS yang mengaktifkan self destruct saat perangkat keluar zona tertentu, bisa juga dengan aplikasi yang tersambung ke password. ** Baca juga: Disambar Petir, 32 Ekor Sapi Mati Bertumpukan

Bukan hanya smartphone yang bisa dipasangi pelindung ini, namun juga aneka gadget lainnya seperti laptop. Konsep pengaman ini sebenarnya bukan hal baru. Ongkos pemasangannya sekira US$15.(ilj/bbs)

Berita Terbaru