oleh

Selama Puasa, Hindari Dulu 3 Jenis Minuman Ini

Kabar6-Sebanyak 60-70 persen tubuh manusia terdiri dari air yang mempengaruhi fungsi setiap sel-sel dan saraf dalam tubuh. Nah selama berpuasa, tubuh manusia tentu akan kehilangan lebih banyak cairan. Kondisi ini akan membuat Anda mengalami dehidrasi.

Sementara itu saat berbuka puasa atau sahur, tidak sedikit orang yang mengonsumsi minuman berkafein karena efeknya membuat bugar. Padahal kedua minuman tersebut justru tidak baik dikonsumsi selama puasa.

Minuman apa saja sih yangsebaiknya dihindari selama puasa? Melansir beberapa sumber, selama berpuasa disarankan untuk menghindari minum teh dan kopi karena mengandung kafein yang bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Akibatnya, kita akan merasa cepat haus dan dehidrasi saat siang hari.

Selain itu, minuman manis seperti teh yang dipercaya membuat kita lebih kuat menjalankan puasa justru akan berefek tubuh lebih cepat merasa lapar. Di sisi lain, minuman ini juga berisiko menimbulkan masalah pencernaan seperti asam lambung.

Minuman lain adalah soda. Usahakan hindari konsumsi minuman soda selama bulan puasa. Pasalnya, minuman soda ini hanya akan menimbulkan masalah pencernaan dan rasa cepat kenyang yang menurunkan kualitas pencernaan.

Jadi gantilah tiga jenis minuman tadi dengan air kelapa yang merupakan sumber elektrolit dengan kandungan gula alami dan mineral yang bisa mencegah dehidrasi saat puasa. ** Baca juga: Bedakan Tanda Lupa Normal & yang Perlu Diwaspadai

Anda juga bisa mengonsumsi timun, nanas, tomat, jeruk, melon dan bawang yang membantu mengurangi panas tubuh selama bulan puasa.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru