oleh

Selama Pandemi COVID-19 Sejumlah Musisi Dunia Selenggarakan Pertunjukan Gratis Secara Online

Kabar6-Selama pandemi COVID-19, sejumlah musisi dan museum menyelenggarakan konser dan pertunjukan gratis yang bisa dilihat secara online. Coldplay dan Christine and the Queens termasuk artis yang mengadakan pertunjukan virtual untuk orang-orang yang kini harus tinggal di rumah.

Vokalis Coldplay Chris Martin menyiarkan konser langsung lewat Instagram, dan hal ini dianggap lebih intim daripada dilakukan di arena yang dapat menampung banyak orang.

Pertunjukan virtual oleh Coldplay, melansir DW, adalah bagian dari kolaborasi antara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Global Citizen, sebuah organisasi yang bertujuan memerangi kemiskinan ekstrem. Kolaborasi ini berjudul ‘Together, At Home’ (bersama, di rumah masing-masing). Martin juga mengumumkan pada akhir konsernya bahwa bintang R&B John Legend akan tampil berikutnya.

Hugh Evans, CEO Global Citizen, mengatakan bahwa ide pertunjukkan ini timbul secara alami karena ‘musik telah sejak lama menjadi kekuatan pemersatu di saat krisis’.

“Jutaan orang tinggal di rumah dan mengasingkan diri,” kata Evans. “Artis dan musisi telah berkumpul untuk memberi kami dorongan, harapan, dan misi bersama untuk mengambil tindakan guna memerangi virus corona.” Musisi Keith Urban pun melakukan streaming konser di internet. Nicole Kidman, istrinya, juga ikut bergabung.

Tidak hanya musisi aliran pop dan rock yang beralih mengelenggarakan konser virtual, para pegiat musik klasik juga bergabung dan menyiarkan konser secara gratis.

Sementara itu di Jerman, Berlin Philharmonic yang ditutup hingga 19 April juga bermain secara virtual. “Kami berharap bahwa melalui inisiatif ini kami dapat memberikan kegembiraan kepada publik seluas mungkin lewat musik kami. Kami sudah sangat merindukan penonton kami dan berharap bahwa dengan cara ini kami dapat tetap berhubungan dengan para pendengar kami,” ujar Olaf Maninger, kepala pemain alat musik cello.

Di Italia yang merupakan pusat wabah corona setelah Tiongkok, musisi rock Gianna Nannini menyiarkan acara akustik di media sosial. “Kami akan melakukan segala cara untuk bersama-sama mengatasi momen mengerikan ini,” katanya. “Hal terburuk tentang virus ini adalah kesepian.”

Sejumlah museum juga membuka pertunjukan virtual kepada publik, Museum Louvre di Prancis misalnya, kini masyarakat bisa melihat koleksi antik budaya Mesir milik museum ini secara virtual. ** Baca juga: COVID-19, Seorang Pilot Bermanuver di Langit Austria Bentuk Tulisan ‘Stay Home’

Demikian juga dengan British Museum di London, Van Gogh Museum di Amsterdam, dan Pergamon Museum di Berlin. Masyarakat juga bisa lebih lanjut mencari informasi museum-museum lain yang bisa dikunjungi secara virtual selama masa karantina. Ini sebagai salah satu cara mengisi waktu dan mengusir kejenuhan.

Cara murah tetap ‘gaul’ secara virtual selama pandemi COVID-19.(ilj/bbs)

Berita Terbaru