oleh

Selain Tambah Semangat, Ada 4 Manfaat Lain Berolahraga Sambil Dengarkan Musik

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mendengarkan musik saat berolahraga dipercaya bisa menghilangkan rasa bosan saat Anda terlalu fokus berolahraga. Tidak heran jika banyak orang mendengarkan musik melalui earphone saat berolahraga, baik di gym atau pun luar ruangan.

Selain memberikan energi tersendiri, mendengarkan musik saat berolahraga memberikan empat manfaat positif lain. Dilansir Okezone dari Virtuagym, berikut manfaat yang dimaksud:

1. Tingkatkan mood berolahraga
Saat berolahraga, banyak orang yang akhirnya terlalu letih sehingga melanjutkan aktivitas. Mendengarkan musik favorit membuatĀ  mood seseorang akan kembali bangkit untuk berolahraga.

2. Tubuh akan menyesuaikan ritme olahraga
Pakar kesehatan menyarankan untuk mendengarkan musik sesuai dengan olahraga apa yang Anda lakukan. Misalnya saat berlari, musik dengan beat kencang bisa menjadi pilihannya. Dengan ritme musik yang didengar, tubuh pun biasanya akan mengikuti. Semakin lagu itu bersemangat, semakin aktif juga tubuh Anda bergerak.

3. Pikiran terbebas dari stres
Mendengarkan lagu juga bisa membuat Anda terfokus pada olahraga yang sedang dilakukan. Hal negatif seperti stres tentunya tidak akan ada di pikiran Anda. Pilih musik yang menggebu bisa memaksimalkan konsentrasi Anda. Kemudian, khusus olahraga yang butuh ketenangan seperti yoga, musik juga diperlukan sebagai pengantar tubuh mencapai titik rileks.

4. Tingkatkan motivasi
Dengan musik yang bersemangat, tubuh secara tidak sadar juga akan terdorong untuk aktif bergerak. Semakin musik itu mengalun kencang, biasanya semakin termotivasi juga tubuh untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari berolaharaga. Selain meningkatkan motivasi, perasaan positif pun akan dirasakan, alhasil Anda akan terasa lebih ceria. ** Baca juga: Waduh, Stres Bikin Umur Lebih Pendek?

Menyenangkan, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru