Selain Rokok, Ini 4 Makanan yang Ternyata Mengandung Nikotin

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Nikotin adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami pada berbagai macam tumbuhan, terutama suku terung-terungan (Solanaceae) seperti tembakau dan tomat.

Umumnya kandungan nikotin yang kita ketahui ada dalam rokok. Kandungan nikotin ini ditemukan di dalam tembakau, bahan utama dari rokok. Namun tahukah Anda, dilansir doktersehat, ternyata selain rokok ada beberapa makanan yang juga mengandung nikotin? Apa sajakah itu?

1. Kembang kol
Makanan yang kerap dijadikan bahan campuran capcay, sop, atau sayuran pendamping daging steak ini memang memiliki rasa yang enak. Namun, tak disangka, di setiap kembang kol terdapat 3,8 gram nikotin.

2. Terong
Terong yang sangat nikmat untuk dijadikan sambal, sayur, dan lain sebagainya ini ternyata memiliki 10 gram nikotin di dalam setiap kandungannya.

3. Kentang
Makanan yang kerap dijadikan sumber karbohidrat yang dikonsumsi saat diet ini ternyata juga memiliki kandungan nikotin. Di dalam sebuh penelitian, kentang berjenis ‘pulp’ ternyata memiliki kandungan 15,3 gram nikotin di setiap butirnya. Bahkan, di dalam kulit kentangnya saja kita sudah bisa menemukan 4,8 gram nikotin.

4. Tomat
Tomat memiliki kandungan nikotin yang cukup tinggi, tepatnya 42,8 gram nikotin di setiap butirnya. Hanya saja, semakin matang tomat, semakin menurun jumlah nikotinnya, yakni sekira 4,1 gram saja. ** Baca juga: Tidak Selalu Negatif, Menyendiri pun Miliki Sejumlah Manfaat Bagi Tubuh

Meskipun memiliki nikotin, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kandungan ini tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir.(ilj/bbs)