oleh

Selain Berjemur, Ada Cara Lain Dapatkan Vitamin D

Kabar6-Untuk memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi dari infeksi, virus dan bakteri jahat, dibutuhkan vitamin D. Berbeda dengan vitamin lain, vitamin D diproduksi oleh tubuh secara alami saat kulit terkena paparan sinar matahari, sehingga berjemur di jam tertentu baik untuk daya tahan tubuh.

Selain berjemur, Anda pun dapat mengonsumsi sejumlah makanan yang kaya vitamin D, antara lain salmon, tuna, dan makarel. Termasuk telur, keju, dan jamur. Melansir beberapa sumber, ini cara mendapatkan manfaat vitamin D selain berjemur:

1. Makan ikan dan seafood yang mengandung lemak baik
Ikan dan seafood adalah makanan alami sumber vitamin D yang paling kaya. Beberapa contoh ikan dan seafood yang kaya vitamin D tersebut antara lain tuna, makarel, oyster atau tiram, udang, ikan sarden, dan ikan teri.

2. Jamur
Jamur adalah satu-satunya tumbuhan sumber vitamin D alami. Mengutip Healthline, jamur yang tumbuh liar tetapi bisa dimakan mengandung vitamin D lebih tinggi ketimbang yang dibudidayakan.

Namun Anda juga bisa memilih jamur yang dibudidayakan dengan sinar UV untuk mendapatkan manfaat vitamin D yang sama tinggi.

3. Kuning telur
Sumber vitamin D alami yang lain adalah kuning telur. Anda bisa memilih telur dari ayam-ayam yang terekspos oleh sinar matahari langsung seperti ayam kampung.

4. Pilih makanan dengan tambahan vitamin D
Beberapa jenis makanan yang dijual di supermarket telah ditambahkan elemen gizi lain (fortified) seperti Vitamin D. Beberapa jenis makanan ini antara lain susu sapi, susu kedelai atau almond, jus jeruk dalam karton, yoghurt jenis tertentu, sereal, dan tofu. Cobalah cek label nutrisinya jika Anda ragu.

5. Konsumsi suplemen vitamin D
Musim hujan bisa membuat paparan sinar matahari menjadi minim di hari-hari tertentu. Anda pun bisa mendapat manfaat vitamin D dengan mengonsumsi suplemen vitamin ini.

Namun, mengingat dosisnya bisa berbeda-beda pada tiap orang, pastikan Anda mengeceknya dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. ** Baca juga: Pilih Waktu Ideal untuk Membersihkan Rumah

Pastikan menu harian Anda mengandung vitamin D.(ilj/bbs)

Berita Terbaru