oleh

Sekretaris Apindo Tangsel Sebut Arus Kas Berhenti Akibat Covid-19

Kabar6-Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang berkelanjutan membuat sektor usaha terombang-ambing, bahkan banyak yang sudah gulung tikar.

Menurut Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Tangerang Selatan, Yakub Ismail menggunakan istilah berhentinya arus kas.

Yakub menjelaskan, pada dunia usaha bisa dikatakan lancar jika kasnya tidak tersendat, maka dari situ adanya produksi yang dijual, dan punya pendapatan sehingga menjadi sebuah arus kas.

“Karena modal itu sudah disertakan dalam bentuk investasi, laba-laba yang didapat tahun kemarin juga digunakan sebagai cadangan-cadangan selama 9 bulan berjalan, jadi sudah hampir satu tahun lebih pandemi ini sudah menguras energi yang luar biasa bagi dunia usaha,” ujarnya saat dihubungi oleh Kabar6.com, Senin (21/9/2020).

Yakub menjelaskan, saat ini sudah ada puluhan pengusaha baik itu industri kecil menengah, maupun yang sudah besar gulung tikar.

Dimana, menurut Yakub, jika para pengusaha itu gulung tikar maka akan menjadi bumerang bagi pemerintah kota, provinsi maupun pusat, karena akan meningkatnya angka pengangguran sehingga ditakutkan angka kriminalitas juga ikut naik.

“Masalah omzet jangan ditanyakan lagi, itu sudah menjadi isu nasional maupun global terjadi penurunan omzet penjualan, produktivitas bahkan kemampuan dunia usaha dalam cadangan berarti cukup besar,” tuturnya.

Maka dari itu, lanjut Yakub, saat ini pemerintah harus mengeluarkan keputusan yang bijak dimana harus memilih pada sektor kesehatan ataupun sektor ekonomi.

Yakub mengatakan, jika pemerintah fokus utamanya pada kesehatan maka harus ditangani secara betul-betul dan tidak fluktuatif (turun-naik), namun sektor perekonomian pasti kendor.

**Baca juga: Lurah Kademangan Tangsel Ajukan 5000 Liter Disinfektan.

“Terus kalau ekonomi nya juga coba dilakukan pendekatan-pendekatan dengan cara protokol kesehatan yang ketat, tentunya masih bisa berjalan dengan segala keterbatasan yang ada,” ungkapnya.(eka)

Berita Terbaru