1

Sekira 118 Narapidana Kabur Akibat Hujan Lebat Rusak Penjara di Nigeria

Kabar6-Juru bicara layanan penjara, Adamu Duza, mengungkapkan sedikitnya 118 narapidana kabur dari rumah tahanan setelah hujan lebat merusak fasilitas di Suleja, dekat ibu kota Nigeria.

Hujan deras yang berlangsung selama beberapa jam, melansir Anadoluajans─▒, merusak beberapa bagian penjara dengan tingkat keamanan menengah, termasuk tembok pembatas dan bangunan di sekitarnya. Agen-agen dinas memburu para buronan dan sejauh ini telah menangkap kembali 10 dari mereka dengan bantuan lembaga keamanan lainnya. “Kami sedang dalam pengejaran untuk menangkap kembali sisanya,” kata Duza.

Pria itu meyakinkan publik bahwa pihak berwenang berada di atas situasi tersebut. “Masyarakat diminta untuk mencari narapidana yang melarikan diri dan melaporkan setiap gerakan yang mencurigakan kepada badan keamanan terdekat,” terang Duza.

Duza sendiri tidak memberikan rincian tentang identitas atau afiliasi para tahanan yang melarikan diri, namun di masa lalu anggota kelompok pemberontak Islamis Boko Haram pernah dikurung di penjara Suleja.

Diketahui, pembobolan penjara telah menjadi masalah keamanan utama di Nigeria di mana kepadatan yang berlebihan, kekurangan dana, dan langkah-langkah keamanan yang lemah telah menciptakan kondisi yang memungkinkan terjadinya pelarian.

Ribuan narapidana telah melarikan diri dalam beberapa tahun terakhir karena infrastruktur yang lemah dan serangan militan, terutama serangan ISIS pada Juli 2022 terhadap penjara dengan keamanan tinggi di ibu kota Abuja, di mana sekira 440 narapidana dibebaskan.

“Layanan ini tidak melupakan fakta bahwa banyak fasilitasnya dibangun pada era kolonial, dan bahwa mereka sudah tua dan lemah,” kata Duza.

Ditambahkan, pihaknya sedang melakukan upaya keras untuk memodernisasi penjara-penjaranya, termasuk pembangunan enam fasilitas berkapasitas 3.000 orang dan pembenahan fasilitas yang sudah ada.(ilj/bbs)