oleh

Sekira 100 Polisi Hong Kong ‘Didisiplinkan’ Gara-gara Lihat Gambar Viral Tubuh Wanita

Kabar6-Kepolisian Hong Kong telah mendisiplinkan sekira 100 petugas yang masuk ke jaringan komputer internal untuk melihat gambar tubuh seorang wanita yang ditangkap karena bercinta di balkon apartemen.

Diketahui, pasangan yang terlibat skandal itu ditangkap setelah video bercinta mereka viral di media sosial pada Juni lalu. Melansir SCMP, kepolisian Hong Kong mengatakan bahwa tidak ada kejahatan yang dilakukan para petugasnya, namun kasus tersebut menimbulkan kekhawatiran publik atas privasi dan perlindungan data dalam penegakan hukum.

Menurut pihak kepolisian, para petugas hanya melihat file kasus untuk memeriksa penampilan tubuh wanita tersebut. Penyelidikan atas insiden tersebut kini telah selesai, dan para petugas yang melihat gambar tubuh wanita tersebut telah menerima tindakan disipliner yang sesuai.

Laporan itu menambahkan, kepolisian sangat mementingkan integritas personel, dan tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk memperdalam budaya manajemen integritasnya dan mencegah pelanggaran.

Pengacara Hong Kong Albert Luk mengatakan, dia tidak sepenuhnya yakin bahwa kejahatan tidak dilakukan oleh para petugas polisi. Luk mengungkapkan, para petugas yang melihat materi itu bisa saja melakukan ‘penggunaan komputer secara tidak jujur’, sebuah tindak pidana yang berpotensi hukuman penjara.

Petugas non-investigasi, disebut Luk, juga dapat dicurigai melakukan ‘pelanggaran dalam jabatan publik’, tetapi bukti yang dikeluarkan oleh polisi tidak memberikan cukup bukti untuk menuntut siapa pun. Dikatakan, kasus tersebut menunjukkan bahwa ada celah yang jelas dalam cara kepolisian menyimpan data pribadi.

“Kami mungkin tidak memiliki bukti nyata bahwa polisi melanggar hukum, sepertinya tidak benar, kalau dilihat dari luar,” kata Luk. “Paling tidak, ini menyoroti celah dalam sistem.” ** Baca juga: Gunakan Kamera dan Radar Sebagai Navigasi, Seoul Mulai Operasikan Bus Tanpa Sopir

Luk merekomendasikan agar polisi melihat sistem mereka sendiri untuk menutup setiap celah sesegera mungkin dan untuk mencegah insiden serupa terjadi lagi.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email