oleh

Sekda Maesyal: Perpustakaan Aset Strategis Dorong Pemberdayaan Masyarakat

Kabar6-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid mengatakan bahwa perpustakaan merupakan asset strategis untuk mendorong pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Tangerang.

“Perpustakaan memiliki peran penting mengentaskan kemiskinan melalui literasi di tengah kehidupan masyarakat,” kata Maesyal melalui Asisten Daerah III (Asda III) Yani Sutisna, disela Stakeholder Meeting Transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial di Ruang Seminar Gedung Layanan Perpustakaan DPA, Kamis (8/8/2019) kemarin.

Dikatakannya, transformasi layanan berbasis inklusi sosial merupakan pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan sosial yang memandang perpustakaan sebagai sub sistem sosial dalam kemasyarakatan.

“Saya berharap diakhir sesi pertemuan ini agar terbentuk sinergitas antar stakeholder untuk sama sama memikirkan dan sekaligus mengambil peran untuk keberlanjutan program ini dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Tangerang yang Cerdas, Makmur, Religius dan berwawasan lingkungan,” jelasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Tangerang, Drs. H.Hadisa Masyur, MM menuturkan, perpustakaan dapat mengambil peran bukan hanya sebagai pusat informasi.

“Lebih dari itu, perpustakaan dapat bertransformasi menjadi tempat dalam pengembangan diri masyarakat, sehingga dapat meningkatkan minat baca dan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Dikatakannya, untuk membangun layanan yang berbasis inklusi sosial tersebut, maka diperlukan peran serta semua pihak dan para pelaksana kegiatan harus memiliki atau menguasai informasi dan teknologi untuk membantu masyarakat yang kurang gemar dalam membaca buku,

Di 2019 ini, ada 6 perpustakaan desa di Kabupaten Tangerang yang menjadi lokus untuk program ini. Yakni Perpustakaan Cakrawala Desa Sodong Kecamatan Tigaraksa, Perpustakaan Mutiara ilmu Desa Matagara Kecamatan Tigaraksa, Perpustakaan Anggraini Desa Munjul Kecamatan Solear.

**Baca juga: Tingkatkan Perekonomian, Pemprov Gandeng BI KPw Banten.

Serta Perpustakaan Pustaka Pelangi Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear, Perpustakaan Gerbang Cendekia Desa Tobat Kecamatan Balaraja, Perpustakaan Bani Amr Desa Cangkudu Kecamatan Balaraja.

Ia menambahkan perpustakaan selain menyediakan sumber-sumber bacaan untuk menggali informasi dan pengetahuan juga wajib memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan, yang bertujuan untuk pemberdayaan sosial-ekonomi masyarakat.

“Dengan upaya tersebut diharapkan performa individu meningkat, sistem dan organisasi perpustakaan menjadi kuat, sehingga berdampak pada membaiknya kualitas layanan perpustakaan dan juga pemanfaatannya oleh masyarakat yang secara otomatis, meningkatkan minat baca dan kesejahteraan masyarakat,“ tutupnya.(N2P/hms)

Berita Terbaru