oleh

Sejumlah Manfaat Mandi Gunakan Air Panas

Kabar6-Sebagian orang terbiasa mandi dengan air dingin, namun banyak juga yang lebih memilih menggunakan air panas. Seorang peneliti di Loughborough University bernama Dr Steve Faulkner mengatakan, mandi air panas bermanfaat bagi kesehatan.

Mandi air panas sama dengan berolahraga dan dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Dr Faulkner, melansir elleuk, menjelaskan bahwa meski mandi air panas merupakan kegiatan santai, baru-baru ini ilmu pengetahuan telah menemukan bagaimana ‘pemanasan pasif’ dapat meningkatkan kesehatan. Dr Faulkner dan timnya telah meneliti efek mandi air panas dapat mengontrol gula darah dan pembakaran kalori.

Penelitian ini melibatkan 14 orang yang berendam dalam bak dengan suhu 40 derajat. Dua tes dirancang dengan menaikkan suhu inti tubuh satu derajat sehingga tim bisa mengukur berapa banyak kalori yang dibakar dalam setiap sesi.

Meski bersepeda membakar lebih banyak kalori, mereka menemukan mandi air panas dapat membakar kalori sama dengan 30 menit berjalan kaki. ** Baca juga: Kertas Toilet Berwarna dan Harum Tidak Disarankan?

“Respon gula darah secara keseluruhan untuk kedua kondisi itu mirip, tetapi gula darah puncak setelah makan sekira 10 persen lebih rendah bila peserta memilih mandi air panas dibandingkan dengan ketika mereka berolahraga,” demikian laporan Dr Faulkner.

Dijelaskan juga, sifat anti-inflamasi dari olahraga penting bagi sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit. “Ini menunjukkan pemanasan pasif berulang dapat berkontribusi mengurangi peradangan kronis yang sering hadir dengan penyakit jangka panjang, seperti jenis diabetes 2,” jelasnya.

Namun penelitian ini tidak menganjurkan orang untuk lebih memilih mandi air panas dibanding berjalan-jalan. Dua aktivitas itu akan membantu mendapatkan kebahagiaan jika sering dilakukan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru