Home / Aneka Berita / Sehat / Sejumlah Makanan yang Bisa Bikin Wajah Tampak Lebih Tua
Ilustrasi/bbs

Sejumlah Makanan yang Bisa Bikin Wajah Tampak Lebih Tua

Kabar6-Pada dasarnya tidak ada makanan yang dapat membuat Anda tampak lebih tua. Hanya saja apabila dikonsumsi tiap hari dan dalam jumlah yang berlebihan, beberapa jenis makanan mungkin dapat membuat Anda tampak lebih tua dan berkeriput lebih cepat.

Mengapa demikian? Hal ini dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu inflamasi (radang) dalam tubuh dan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh Anda, yang mengenai kulit. Penyebab kedua adalah karena Anda mungkin mengonsumsi berbagai jenis makanan yang buruk bagi kulit dan tidak mengonsumsi cukup banyak makanan yang dapat melindungi kulit dan membuat Anda tampak lebih muda. Apa saja sih beberapa jenis makanan yang dapat membuat Anda tampak lebih tua? Melansir foxnews, berikut makanan yang dimaksud:

1. Gula
Di dalam tubuh, kelebihan gula akan melalui suatu proses yang disebut dengan glikasi. Pada proses ini, gula akan bergabung dengan beberapa jenis protein atau lemak untuk membentuk suatu protein yang sudah rusak (AGEs) di dalam seluruh tubuh Anda, termasuk pada kulit Anda.

Protein ini tidak hanya tidak dapat bekerja dengan baik, tetapi juga lebih tidak elastis dibandingkan dengan protein alami yang terdapat di dalam tubuh Anda. Selain itu, proses glikasi juga menghasilkan berbagai jenis protein radang di dalam tubuh, yang dapat mempercepat proses penuaan kulit.

2. Makanan hangus
Berbagai jenis makanan yang dipanaskan pada suhu tinggi juga mengalami proses glikasi. Selain itu, paparan langsung pada suhu tinggi dapat memicu terbentuknya amino heterosiklik pro inflamasi (HCAs) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAHs).

3. Makanan yang digoreng
Selain dapat membuat Anda menjadi lebih gemuk serta menyebabkan terjadinya berbagai proses inflamasi (radang) di dalam tubuh, lemak trans yang terdapat di dalam makanan yang digoreng juga dapat menyebabkan penghancuran kolagen, protein utama kulit Anda. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya keriput pada kulit Anda.

4. Minuman beralkohol
Minuman beralkohol dapat mempengaruhi fungsi hati Anda, yang dapat membuat hati menjadi rusak atau membuat hati bekerja dengan lebih lambat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Efek tertimbunnya racun di dalam tubuh dapat Anda lihat pada kulit.

Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat membuat tidur Anda kurang nyenyak, karena tidak dapat mencapai fase tidur dalam yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki diri.

5. Makanan olahan
Seorang ahli menemukan bahwa penduduk di berbagai negara yang jarang mengonsumsi makanan olahan memiliki kulit yang lebih baik dibandingkan dengan penduduk yang banyak mengonsumsi makanan olahan.

Nitrat dan garam yang terdapat di dalam makanan olahan dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda, termasuk kulit. Nitrat dapat memicu terjadinya inflamasi di dalam tubuh, sedangkan garam dapat membuat kulit menjadi kering dan merusak pembuluh darah kecil pada kulit. Hal ini dapat memicu terbentuknya noda hitam dan jerawat.
** Baca juga: Ini Sejumlah Alasan Mengapa Hidup Anda Akan Lebih Baik Tanpa Alkohol

Jadi kurangi atau hindari kelima jenis makanan tadi agar kulit senantiasa tampak sehat.(ilj/bbs)

Check Also

Benarkah Cukup Minum Bikin Badan Langsing?

Kabar6-Sejumlah ahli bahkan berpendapat, konsumsi air putih dalam jumlah memadai dapat membantu seseorang yang sedang ...