oleh

Sejumlah Makanan yang Bisa Bikin Jerawat Tak Kunjung Hilang

Kabar6-Menurut beberapa penelitian, makanan dan minuman yang Anda konsumsi adalah salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Beberapa orang percaya bahwa makanan berminyak dan kacang dapat memicu munculnya jerawat. Benarkah demikian?

Jerawat muncul ketika pori-pori di kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati, bakteri, atau keduanya. Penyumbatan ini juga terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak sebum. Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat.

Lalu, apa hubungannya jerawat dengan makanan? Melansir Womantalk, tubuh memproduksi hormon yang disebut insulin-like growth factor 1 (IGF-1). Beberapa penelitian menunjukkan, IGF-1 dapat meningkatkan produksi sebum dan memperburuk gejala jerawat. Makanan tertentu juga dapat meningkatkan level IGF-1. Hasil penelitian pada 2016 mengungkapkan, ada sejumlah makanan yang kemungkinan besar dapat meningkatkan kadar IGF-1 seseorang. Apa sajakah itu?

1. Makanan dengan indeks glikemik tinggi (GI) dan muatan glikemik tinggi (GL). Menurut American Diabetes Association, berikut ini adalah contoh makanan dengan GI tinggi yaitu roti, terutama roti putih, sereal sarapan manis, pasta, beras putih.

2. Produk susu termasuk susu, keju, es krim, dan yoghurt.
3. Cokelat dengan kandungan gula tinggi juga dapat memperburuk jerawat Anda. Jadi kalau ingin makan cokelat, pilihlah dark chocolate (cokelat hitam) yang rendah gula.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), menghindari makanan dengan GI tinggi tampaknya lebih bermanfaat daripada menghindari produk susu. Namun, jika Anda bisa mengurangi dua-duanya, tentu akan lebih baik lagi.

Sementara itu, sampai saat ini belum ada bukti bahwa makanan berminyak menyebabkan jerawat. Kelenjar sebaceous yang terlalu aktif adalah penyebab kulit berminyak, bukan lemak dan minyak dalam makanan. ** Baca juga: Benarkah Air Putih Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

Meski begitu, mengonsumsi terlalu banyak makanan berminyak juga kurang baik kesehatan. Jadi untuk mengurangi jerawat di wajah, lebih baik konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya serat dan nutrisi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru