oleh

Sejumlah Kebiasaan Ini Bikin Mulut Bau

Kabar6-Mengalami bau mulut tentu membuat Anda minder dan tidak percaya diri dalam pergaulan. Namun tahukah Anda, penyebab bau mulut bisa disebabkan oleh rutinitas sehari-hari yang keliru?
Apa saja penyebab bau mulut yang dimaksud? Melansir beberapa sumber, ini empat kebiasaan yang dimaksud:

1. Tidak gosok gigi sebelum tidur & sesudah sarapan
Kebiasaan tidak menggosok gigi sebelum tidur, dan sering melewatkan gosok gigi usai sarapan dapat menjadi penyebab bau mulut.

2. Konsumsi kopi secara berlebihan
Kafein dalam kopi membuat mulut kering serta memperlambat produksi air liur. Ketika mulut kering, air liur yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut tidak berfungsi. Inilah mengapa setelah mengonsumsi kopi, mulut menjadi terasa kurang sedap. Minum air mineral usai mengonsumsi kopi untuk mengaktifkan kembali fungsi air liur.

3. Makanan berminyak & bersantan
Makanan berminyak juga santan memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga menjadi pemicu gejala panas dalam dan sariawan. Untuk mencegahnya, aplikasikan produk atau perawatan mulut dan gigi yang mengandung ekstrak garam laut serta rasa mint.

Menurut sejumlah penelitian, garam laut dapat bekerja sebagai antiseptik dan pencegah radang yang dapat mengurangi nyeri pada gusi dan gigi. Sementara itu, rasa mint pada pasta gigi dapat membuat napas terasa lebih segar.

4. Merokok
Selain bahaya bagi paru-paru dan jantung, rokok dapat merusak kesehatan mulut. Zat kimia yang terkandung pada rokok mampu membuat mulut menjadi asam sehingga merusak fungsi air liur dan enamel (email) atau lapisan luar gigi yang terlihat, serta mengebabkan gigi menguning. Rangkaian masalah tersebut memberi efek bau mulut yang kurang sedap.

Jadi hilangkan kebiasaan buruk tadi agar terhindar dari bau mulut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru