oleh

Sejumlah Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Cuaca Dingin

Kabar6-Memasuki musim penghujan, cuaca belakangan ini tentu terasa dingin, bahkan bagi sebagian orang tubuh terasa menggigil. Nah tanpa disadari, ada sejumlah hal yang terjadi pada tubuh saat cuaca dingin.

Apa sajakah itu? Melansir learni.st, berikut uraiannya:

1. Merinding
Kondisi ini terjadi akibat adanya refleks pilomotorik atau piloereksi yang membuat bulu pada permukaan tubuh berdiri (merinding). Piloereksi merupakan suatu reaksi sistem saraf simpatik, menyebabkan otot-otot tertentu berkontraksi dan membuat bulu pada permukaan kulit berdiri. Hal ini terutama terjadi saat Anda merasa kedinginan atau mengalami reaksi emosi kuat, terutama saat Anda merasa takut.

Merinding paling sering terjadi pada daerah lengan atas, kaki, bokong, dada, dan leher. Merinding ini sebenarnya merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh pada hewan mamalia untuk menghadapi cuaca dingin.

2. Area puting mengeras
Saat cuaca dingin, puting susu pria maupun wanita seringkali mengeras dan menonjol. Para ahli belum mengetahui secara pasti mengapa hal ini terjadi, namun mereka menduga kondisi ini juga terjadi akibat kontraksi otot-otot kecil pada daerah payudara akibat cuaca dingin seperti yang terjadi pada bulu pada permukaan kulit (merinding).

3. Kantong zakar mengkerut (mengecil)
Cuaca dingin ternyata tidak hanya mempengaruhi bulu-bulu halus pada permukaan kulit dan puting susu, tetapi juga kantong zakar para pria. Saat cuaca dingin, kantong zakar cenderung terlihat lebih kecil atau mengkerut.

Hal ini sebenarnya merupakan salah satu cara tubuh untuk menjaga suhu di dalam buah zakar. Suhu yang sesuai di dalam buah zakar merupakan salah satu hal yang turut berperan penting dalam proses pembuatan sperma. ** Baca juga: 5 Makanan Mentah dengan Cara Mencuci yang Berbeda

Bagaimana dengan reaksi tubuh Anda saat kedinginan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru