oleh

Sejumlah Hal yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong

Kabar6-Tidur dengan perut kosong tidak disarankan karena akan membuat tidur menjadi semakin tidak tenang, dan muncul sensasi tidak nyaman pada perut. Akibatnya, waktu tidur menjadi semakin tidak berkualitas, sehingga membuat tubuh terasa lelah di pagi hari.

Nah, selain tidur dengan kondisi perut kosong, pakar kesehatan juga meminta kita untuk tidak melakukan sejumlah hal saat perut dalam kondisi kosong. Melansir doktersehat, ini dia hal-hal yang dimaksud:

1. Minum obat
Memang ada obat-obatan yang bisa diminum sebelum makan dan kapan saja, namun kebanyakan obat disarankan untuk dikonsumsi saat kita sudah mengonsumsi makanan. Jika kita meminumnya saat perut masih dalam kondisi kosong, dikhawatirkan akan memicu iritasi lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, adanya makanan juga bisa membantu obat diserap oleh tubuh dengan maksimal. Jika diminum saat perut kosong, bisa jadi kinerja obat ini terganggu dan membuat kita tak kunjung sembuh.

2. Konsumsi minuman berkafein
Disarankan agar kopi atau teh yang kaya kafein tidak dikonsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong. Hal ini disebabkan oleh sifat asam dari minuman ini yang bisa meningkatkan produksi asam lambung dengan signifikan. Pastikan untuk tidak meminumnya langsung setelah bangun tidur. Cobalah untuk mengonsumsi makanan atau camilan sedikit sebelum meminumnya.

3. Berolahraga
Jika kita berolahraga saat perut masih kosong, tubuh justru akan mengalami gangguan pembakaran kalori. Bahkan, tubuh hanya akan membakar otot dan merangsang penyimpanan lemak lebih banyak jika kita makan setelah berolahraga. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk setidaknya mengonsumsi sedikit makanan sebelum berolahraga.

4. Naik kendaraan
Jika naik mobil atau kendaraan lainnya dalam kondisi perut kosong, maka kita akan lebih mudah mengalami mabuk perjalanan. Pastikan untuk mengisi perut sebelum menaikinya. ** Baca juga: Sehatkah Tidur dengan Perut Kosong?

Jangan biarkan perut dalam kosndiri kosong terlalu lama, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru