oleh

Sejumlah Hal Tak Terduga yang Ternyata Bisa Menambah Nafsu Makan

Kabar6-Nafsu makan  merupakan keinginan Anda untuk makan. Adanya keinginan ini membuat Anda makan untuk memberikan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan nafsu makan yang terjaga, akan baik untuk kesehatan.

Nafsu makan biasanya akan muncul saat Anda lapar, yaitu perasaan tidak nyaman yang muncul saat tubuh butuh untuk makan. Namun, nafsu makan bisa saja muncul saat Anda sebenarnya tidak merasa lapar. Dan, ini bisa terjadi karena berbagai faktor.

Kondisi inilah yang harus Anda waspadai. Nafsu makan yang sering muncul tanpa rasa lapar biasanya akan menyebabkan Anda makan berlebihan, dan kemudian akan menyebabkan Anda menjadi kelebihan berat badan.

Nafsu makan merupakan suatu hal yang sangat kompleks, melibatkan interaksi otak dan hormon serta dipengaruhi oleh kebiasaan, isyarat eksternal, dan emosi. Banyak faktor yang dapat menurunkan dan meningkatkan nafsu makan, bisa dari faktor dari dalam tubuh atau faktor dari lingkungan luar.

Namun tahukah Anda, ada sejumlah hal tak terduga yang ternyata dapat menambah nafsu makan. Melansir beberapa sumber, ini hal tak terduga yang dimaksud:

1. Pendingin ruangan
Manusia cenderung makan lebih banyak pada suhu dingin, karena tubuh memerlukannya untuk tetap hangat. Untuk menghindari hal ini, bukalah jendela rumah atau kantor Anda sehingga udara segar masuk ke ruangan.

2. Obat-obatan yang Anda konsumsi
Beberapa jenis obat-obatan, terutama obat anti depresi dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi, pastikan Anda menanyakan pada dokter efek samping dari obat yang Anda konsumsi.

3. Suplemen
Seperti obat-obatan, beberapa jenis suplemen juga dapat mempengaruhi nafsu makan. Pastikan Anda memperhatikan bagaimana nafsu makan Anda saat mengonsumsi suplemen baru.

4. Perubahan pola olahraga
Mengubah pola dan jenis olahraga yang biasa dilakukan memang baik karena dapat membuat Anda terhindari dari rasa bosan. Namun, mencoba suatu jenis olahraga baru juga dapat meningkatkan nafsu makan, lho.

Catat berapa banyak dan makanan apa saja yang telah Anda konsumsi. Termasuk jenis olahraga apa yang Anda lakukan setiap hari untuk mengetahui seberapa banyak pengaruh jenis olahraga baru tersebut pada nafsu makan Anda. ** Baca juga: Akhir Pekan Jadi Waktu di Mana Seseorang Sangat Ingin Konsumsi Junk Food

Hal yang sebaiknya diperhatikan adalah porsi makanan yang Anda konsumsi jangan terlalu berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru