oleh

Sejumlah Fakta Tentang Selulit yang Sebaiknya Anda Tahu

Kabar6-Selulit adalah kondisi permukaan kulit yang jadi bergelombang dan tidak rata, biasanya menyerang bagian kulit yang memiliki timbunan lemak berlebih seperti paha, pinggul, pantat, dan perut.

Selulit sering disamakan dengan stretch mark. Padahal, keduanya sangat berbeda. Stretch mark merupakan kondisi yang ditandai dengan munculnya guratan, kerutan, atau garis berwarna putih kemerahan, yang berbeda dengan warna kulit.

Meski tidak berbahaya, selulit bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Terutama saat menggunakan celana pendek yang biasanya mengekspos selulit di bagian paha. Melansir beberapa sumber, ini sejumlah fakta tentang selulit yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Selulit bukanlah lemak
Selulit merupakan suatu tonjolan yang terlihat saat lemak terlepas dari kolagen dan terbagi menjadi beberapa bagian di dalam kulit.

2. Selulit lebih sering terjadi pada wanita ketimbang pria
Karena kolagen kulit wanita tersusun secara parallel seperti pilar, maka hal ini dapat membuat lemak lebih mudah terpisah-pisah dan membuat selulit menjadi lebih jelas. Sedangkan kolagen pria tersusun dalam bentuk huruf X, yang membuat lemak hanya memiliki sedikit ruang sisa untuk berkelompok.

3. Penggunaan salep mungkin dapat membantu
Carilah salep yang mengandung kafein atau retinol. Kafein dapat menstimulasi aliran darah dan mengecilkan sel-sel lemak untuk sementara waktu. Sementara itu, retinol dapat membantu memperbaiki susunan sel-sel ini.

Oleskan salep yang mengandung retinol terlebih dahulu kemudian baru salep yang mengandung kafein. Pengobatan ini hanya akan membuat selulit tampak lebih samar tetapi tidak hilang.

4. Selulit dapat disamarkan dengan berolahraga
Karena olahraga dapat membakar lemak, maka selulit pun dapat lebih samar dengan berolahraga.

5. Menurunkan berat badan tidak dapat membuat selulit menghilang
Tentu saja menurunkan berat badan dapat membuat selulit Anda tidak terlalu terlihat (lebih samar). Meskipun Anda telah mengalami penurunan berat badan, jaringan yang telah mengendur dan rusak tidak dapat kembali seperti semula.

Terdapat beberapa hal yang juga mempengaruhi seberapa besar risiko Anda untuk memiliki selulit seperti gen, proses peradangan di dalam tubuh, dan gangguan keseimbangan hormonal. ** Baca juga: Jelang Tidur, Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini

6. Paparan sinar UV dapat memperburuk selulit
Paparan sinar UV dapat merusakan jaringan kolagen pada kulit, yang akan membuat selulit lebih terlihat. Jadi, pastikan Anda selalu menggunakan tabir surya setiap kali pergi ke luar ruangan.

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru