oleh

Sejumlah Elemen Dorong Gedung DPRD Pindah

Kabar6-Sejumlah elemen mendorong Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang untuk dipindah. Pasalnya, keberadaan gedung tersebut masih bersamaan dengan gedung Pemerintah Kota Tangerang.

Dosen Komunikasi dan Politik Universitas Muhammadiyah Tangerang Mirza menilai agar tidak ada satu kedekatan khusus kepada kedua instansi tersebut. Maka sudah selayaknya wakil rakyat tersebut harus segera dipisahkan.

“Jangan sampai ada satu kedekatan atau intervensi intervensi informal, karena kedua lembaga ini punya peran masing-masing,” ujar Mirza saat dimintai keterangan oleh wartawan.

“Dua lembaga ini kan berbeda, Legislatif dan Eksekutif. Satu sebagai pengawas dan satu lagi sebagai pelaksana, maka seharusnya ada ruang-ruang yang berbeda,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Eksekutif Tangerang Public Service (TPS) Dede Hardian yang menilai bahwa gedung DPRD Kota Tangerang sebagai gedung aspirasi masyarakat Kota Tangerang seharusnya tersendiri.

“Bagaimana masyarakat ingin menyampaikan aspirasi kepada para wakil-wakilnya, kalau untuk parkir mobil, parkir motor aja susah. Ini kita bicara soal kenyamanan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi,” tambahnya.

Selain itu, kata Dede, pelayanan public yang maksimal dan optimal kepada masyarakat Kota Tangerang tidak akan terwujud jika gedung legislatif dan eksekutif bersanding berdekatan.

**Baca juga:Kejari Kota Tangerang Eksekusi Barang Sitaan 2,4 Miliar

“Tempat sangat mempengaruhi sikap dan mental seseorang didalamnya, misalnya saya tinggal di ruang lingkup pesantren maka saya akan berpikir dan bertindak selayaknya kiyai, ustad atau santri. Begitupun misalnya saya tinggal di lingkup yang lebih ekstrem maka sikap dan mental saya pun akan demikian,” jelasnya.

“Itu lah yang membuat Marwah DPRD Kota Tangerang hari ini lemah bahkan hilang, karena perannya sebagai pengawas tidak bisa dilakukan secara maksimal dan optimal,” tandasnya. (Oke)