oleh

Sejumlah Efek Buruk Bagi Kesehatan Terlalu Sering Dengarkan Musik Lewat Headphone

Kabar6-Selain lebih fokus, mendengarkan musik menggunakan headphone juga tidak mengganggu orang-orang di sekitar. Meskipun membantu Anda menaikkan mood, terlalu sering mendengarkan musik dalam jangka lama lewat heandphone ternyata tidak disarankan.

Apa saja sejumlah bahaya yang dimaksud? Melansir beberapa sumber, suara yang dihasilkan headphone menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak dalam jangka panjang. Hal ini karena bagian dalam telinga terhubung dengan otak. Jadi sebaiknya, jangan terlalu sering dan jangan terlalu keras ketika sedang menggunakan headphone agar hal ini tidak terjadi.

Selain menghasilkan gelombang elektromagnetik, kebanyakan headphone juga memaparkan gelombang suara desibel tinggi. Jadi, ketika mendengarkan musik dengan volume yang tinggi, maka dapat menyebabkan kerusakan serius pada telinga. Bahkan, bisa saja Anda akan berisiko mengalami gangguan pendengaran permanen.

Saat sedang stres atau sedih, kita memang butuh hiburan agar enggak terlarut dengan perasaan tersebut. Salah satu cara menghibur diri adalah dengan mendengarkan musik lewat headphone.

Ketika kuping tertutup rapat dengan headphone, hal ini mungkin dapat membantu kita merasa lebih baik. Namun tahukah Anda, kebiasaan itu sebenarnya berbahaya? Jika menggunakan headphone berjam-jam lamanya, hal ini akan membatasi aliran udara di saluran udara telinga, sehingga Anda pun akan rentan terkena infeksi telinga.

Selanjutnya, ketika mendengarkan musik selama berjam-jam dengan menggunakan headphone, hal ini juga tentunya akan membuat telinga mati rasa. Kondisi ini semakin lama dapat membuat Anda kehilangan pendengaran untuk sementara.

Hal lain yang harus diingat, hindari meminjamkan headphone pada orang lain karena dapat menyebabkan infeksi telinga. Namun jika sudah telanjur meminjamkannya, jangan lupa untuk membersihkannya kembali sebelum menggunakan headphone tersebut. ** Baca juga: Mengapa Sering Sakit Kepala Usai Konsumsi Makanan Bersantan?

Dengarkan musik lewat headphone dalam batas normal dan jangan terlalu keras, sehingga kesehatan telinga dapat terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru