oleh

Sejumlah Diet yang Disebut Bakal Populer Tahun Ini

Kabar6-Hingga saat ini sudah ada berbagai jenis diet yang dilakukan banyak orang, demi mendapatkan tubuh idaman sekaligus sehat. Namun tahukah Anda, melansir thesen, ada lima diet terbaik yang diprediksikan bakal populer sepanjang 2019 ini. Apa sajakah diet yang dimaksud?

1. Mediterranean diet
Selama dua tahun berturut-turut, diet yang kaya akan minyak zaitun ini telah menjadi jenis diet yang berada di urutan teratas. Berkat sayuran segar, biji-bijian, dan lemak sehat yang menjadi andalannya.

Rendah gula, daging merah, dan makanan olahan, membuat diet Mediterranean ini baik untuk mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi. Diet yang satu ini juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan usus dan fungsi ginjal.

2. Flexitarian diet
Cukup batasi konsumsi daging Anda sekali atau dua kali seminggu. Flexitarian diet ini dipercaya efektif mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

3. DASH diet
DASH sendiri merupakan kependekan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet ini memang dirancang khusus untuk menurunkan tekanan darah. Caranya adalah dengan mengurangi asupan garam dan menggantinya dengan makanan yang kaya mineral dan ramah jantung, seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Tak hanya garam, diet ini juga membatasi konsumsi gula, lemak, dan daging merah.

4. MIND diet
MIND adalah singkatan dari Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay. Ya, MIND diet adalah kombinasi dari diet Mediterranean dan DASH. Diet yang satu ini dilakukan dengan cara mengonsumsi setidaknya tiga porsi biji-bijian utuh, salad, sayuran, dan segelas anggur. MIND diet dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak, hingga mengurangi risiko terkena Alzheimer.

5. WW diet
WW merupakan singkatan dari Weight Watchers. Disebut sebagai diet penurun berat badan terbaik, WW diet ini dikenal sebagai diet yang dijalani oleh Oprah Winfrey. Diet ini mengharuskan Anda untuk menilai makanan berdasarkan kadar gula, lemak, kalori, lemak jenuh, dan kandungan proteinnya menggunakan poin. Jenis makanan yang memiliki poin 0 berarti boleh Anda konsumsi sebanyak dan sesering yang Anda mau. Semua poin tersebut dicatat dalam buku harian makanan Anda sendiri. ** Baca juga: Ini Penyebab Kaki Sering Mendadak Terasa Dingin?

Diet mana yang ingin Anda coba? (ilj/bbs)

Berita Terbaru