oleh

Sejumlah Alasan Mengapa Anda Harus Bangun Pagi

Kabar6-Bangun pagi menjadi rutinitas banyak orang dalam keseharian. Terlebih bagi mereka yang memang harus memulai aktivitas sejak sebelum matahari terbit. Namun sebagian orang susah bangun pagi karena banyak hal.

Padahal, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh apabila Anda rajin bangun pagi. Melansir Fitene, ini delapan keuntungan yang dimaksud:

1. Hindari stres
Salah satu alasan mengapa bangun pagi lebih baik adalah karena Anda dapat menghindari rasa stres karena terburu-buru. Hal ini dapat memengaruhi mood dan bagaimana interaksi Anda dengan orang lain di sepanjang hari.

2. Jadi lebih produktif
Bangun pagi juga dapat membuat Anda menjadi lebih produktif, tidak hanya di pagi hari tetapi juga di sepanjang hari.

3. Lebih bertenaga
Terlalu banyak tidur dapat membuat Anda merasa lelah dan tidak dapat berpikir dengan jernih di sepanjang hari. Bangun pagi dapat membuat Anda merasa lebih bertenaga.

4. Punya waktu untuk olahraga
Bila Anda terlalu sibuk bekerja, bangun lebih pagi dapat memberikan cukup waktu untuk berolahraga. Hal ini dapat membantu meningkatkan kadar endorfin dan memperbaiki mood Anda di sepanjang hari.

5. Ada waktu untuk sarapan
Sarapan merupakan waktu makan terpenting di sepanjang hari untuk membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh. Sarapan yang tepat juga dapat mempengaruhi produktivitas Anda di sepanjang hari.

6. Hindari kemacetan
Alasan lain mengapa bangun pagi lebih baik adalah karena Anda dapat berangkat kerja lebih pagi dan menghindari berbagai kemacetan yang melelahkan. Perbedaan lima menit saja dapat memberikan perbedaan yang sangat besar pada kondisi lalu lintas, terlebih di kota-kota besar.

7. Dapat menyelesaikan banyak pekerjaan yang belum terbengkalai
Saat bangun lebih pagi, Anda pun memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan, dan bahkan memiliki waktu untuk bersantai sejenak.

Cara ini dapat membantu mengurangi jumlah pekerjaan yang harus Anda lakukan saat pulang ke rumah di malam hari. ** Baca juga: Bagaimana Atasi Bau Mulut Karena Kopi?

8. Tidur malam jadi lebih nyenyak
Para ahli mengatakan, seseorang akan dapat tidur lebih nyenyak di malam hari bila ia tidur lebih awal di malam harinya, dan bangun lebih awal di pagi hari. Hal ini karena irama sirkadian tubuh menjadi lebih teratur.

Biasakan diri bangun pagi agar Anda menjadi lebih produktif.(ilj/bbs)

Berita Terbaru